Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Hidden Paradise..Togean

mungkasmks
mungkasmks, pada 29 April 2012, 6.47
di Blog

"Selamat Pagi, Ampana...". Sapaan saya menyambut pagi di pelabuhan umum Ampana yang akan membawa saya untuk berjalan-jalan lagi ke kepulauan Togean atau Togian. Sebuah wilayah kepulauan di utara kabupaten Tojo Una-Una, propinsi Sulawesi Tengah. tepatnya di teluk Tomini. Tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan kepulauan ini termasuk orang Indonesia itu sendiri. Jangankan mengetahui, mendengar kata Togean saja masih terasa asing di telinga bangsa ini. Namun bagi wisatawan asing, kepulauan Togean sudah mencatatkan namanya dalam daftar tujuan jalan-jalan mereka di Indonesia. Tidak banyak yang saya ketahui juga untuk tujuan jalan-jalan saya kali ini, karena mesin pencari sekelas Google saja masih sedikit memberikan informasi untuk pencarian kata TOGEAN. Anda belum mengetahuinya? Saya telah berada disini dan saya akan bagikan kepada Anda.

Perjalanan jalan-jalan saya dilanjutkan ke titik berikutnya di Sulawesi Tengah yakni di kepulauan Togean. Awalnya saya tidak mengetahui tujuan wisata ini, bahkan mendengarnya juga tidak pernah. Namun, saya menjadi penasaran ketika ada sebuah kicauan di linimasa saya menginformasikan bahwa salah satu pantai yang terbaik ada di kepulauan Togean yakni di pulau Kadidiri. Rasa penasaran itu teratasi.

Lokasi secara geografis kepulauan Togean terletak di teluk Tomini, terbentang sepanjang kurang lebih 90 kilometer dan secara administratif termasuk kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean memiliki keindahan bawah laut yang sangat mengagumkan. Disini dapat dinikmati semua tipe terumbu karang seperti karang tepi, karang penghalang, karang cincin (atol) dan gugusan karang terisolir dengan keanekaragaman makhluk hidup. Terumbu karang menakjubkan, terisolasi, pantai berpasir putih terpencil, nelayan tradisional desa yang ada di Bajo.

Kepulauan Togean merupakan hamparan pulau-pulau yang terdiri atas 6 pulau besar yang berbukit dan sekitar 60 pulau yang relatif lebih kecil yang semuanya tersebar sepanjang kurang lebih 90 Kilometer. Kepulauan Togean merupakan bagian penting dari segitiga terumbu karang di dunia (Sulawesi, Filipina dan Papua Nugini), hal ini disebabkan karena kekayaan alam yang dimiliki berupa jenis terumbu karang, biota laut dan hutan bakau serta kelengkapan tipe terumbu karang yaitu karang pinggir (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef) dan atol serta hutan dataran rendah yang lebat, tumbuhan dan hewan endemik kawasan Wallacea. Ada pula 35 spesies ikan kupu-kupu (Chaetodontidae) yang hidup di sekitarnya sekaligus menjadi indikator bahwa terumbu karangnya begitu sehat dan masih alami. Di kepulauan Togean terdapat banyak Lokasi penyelaman yang tersebar, yang memiliki aneka ragam terumbu karang dan kehidupan bawah laut yang menjadi daya tarik wisatawan.

Sehingga sejak tanggal 11 September 2003, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata R.I. telah mencanangkan kepulauan Togean sebagai kawasan Ekowisata Bahari. Sebuah tempat yang berbasis ekowisata dan tempat untuk melestarikan keanekaragaman hayati. Karena di samping Anda dapat menikmati keindahan laut, juga dapat menikmati kawah gunung Colo di Pulau Unauna. Wilayah daratan ini terdapat banyak gunung-gunung tinggi dengan hutannya yang lebat dihuni oleh Anoa, Babi Hutan, Rusa. Bahkan hidup hewan endemik Sulawesi yang dilindungi seperti tangkasi (Tarsius sp), kuskus (Ailurops Ursinus), rusa (Cervus timorensis), dan ketam kenari (Birgus latro). Ada pula monyet togean (Macaca togeanus), biawak togean (Varanus salvator togeanus) dan babi rusa togean (Babyrousa babirussa togeanensis) yang hanya ada di kepulauan Togean. Di Togean juga terdapat gua-gua sungai, air terjun, air panas dan pemukiman suku Wana. Adanya sebuah deretan hutan hujan tropis yang mencengangkan meliputi enam pulau terbentuk oleh aktivitas gunung berapi terlebih lagi terletak di sekitar khatulistiwa menjadi daya tarik tersendiri.

Di Kepulauan Togean dapat Anda lihat hutan mangrove dan hamparan padang lamun patai atau ‘nambo’ (seagrass bed) yaitu berupa rumput pantai yang luas dan menjadi sumber makanan mamalia laut dugong. Ada sekitar 33 jenis mangrove yang terdiri dari 19 jenis mangrove sejati (true mangrove) dan 14 jenis mangrove ikutan (associate mangrove). Ke-33 jenis mangrove tersebut dikelompokkan dalam 26 genus dan 21 familia. Ini jelas di dalamnya ada beragam fauna yang menghuni dengan keunikannya masing-masing. Beberapa spesies penyu langka juga ada di sini seperti penyu hijau (Chelonia mygas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbriocata) yang menjadikan pantai yang indah Kepulauan Togean sebagai tempat mencari makan dan berkembang biak.

Di bawah lautnya yang menakjubkan Anda bisa bertemu paus pilot, kima raksasa (Tridacna gigas), dan lola (Trochus niloticus), ikan pari manta, hiu karang abu-abu, dan ikan trevally mata besar, dan tentunya warna-warni karang. Di daerah laut yang lebih dalam dapat Anda temukan lebih banyak lagi sekitar 262 jenis terumbu karang, 596 jenis ikan, dan 555 jenis moluska. "Sungguh mengagumkan bukan?". Di udaranya hidup sedikitnya 90 jenis burung termasuk yang dilindungi, seperti julang sulawesi (Rhyticeros cassidix) dan elang bondol (Haliastur indus).

Karena keragaman hayati dan keindahan Kepuluaan Togean telah ditetapkan sebagai taman nasional dengan Keputusan Menteri Kehutanan (SK. No. 41 8/Menhut-II/2004). Indonesia sungguh indah.

Hal yang perlu Anda ketahui apabila ingin menuju kepulauan Togean bahwa perjuangannya tidak mudah. Namun terasa menyenangkan dan saya menikmati perjalanan ini. Aksesnya dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari ibukota Palu menuju Ampana selama 8-10 jam. Setelah menempuh penerbangan dari kota Anda pastinya. Kemudian dilanjutkan dengan kapal motor laut menuju Wakai. Perjalanan ini ditempuh selama 4 jam. 'Tidak lama bukan?'. Selain dari Palu, Anda bisa juga menempuh dari Luwuk sehingga mempersingkat waktu perjalanan Anda menuju Ampana. Ada maskapai yang singgah di kota ini seperti Merpati. Atau alternatif lain melalui Gorontalo dapat ditempuh dengan waktu berkisar 8 - 10 jam (kapal motor rakyat) , 8 - 10 jam (feri) , 3 - 4 jam (kapal cepat). Silahkan dikondisikan dengan finansial dan waktu Anda.

Saran saya apabila dari Palu, pilih penerbangan pagi dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat dari Palu ketika malam hari dan tiba di pelabuhan Ampana di pagi hari. Sehingga menghemat biaya penginapan dan waktu juga.

Oh iya, mayoritas penduduk di Ampana adalah muslim jadi dipastikan semua makanan dijual dengan syariah islam dan halal. Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk urusan perut. Untuk harga makanan masih di kisaran normal, sama seperti di pulau Jawa walaupun banyak dikunjungi wisatawan asing.

Perjalanan laut dari Ampana menuju kepulauan Togean difasilitasi oleh pelayanan publik kapal motor rakyat. Jadwal setiap kapal berbeda-beda Tiket feri berbentuk kapal kayu bertingkat dua itu seharga Rp 40.000. Kapal biasanya diberangkatkan dari pelabuhan Ampana sekitar jam 10.00 WITA dan normalnya dibutuhkan waktu empat jam untuk menuju Wakai. Wakai adalah ibukota dari pulau yang paling besar di kepulauan Togean, pulau Batudaka, sehingga terlihat paling happening dan menajdi 'base camp' wisatawan sebelum menuju spot-spot diving serta cottage di pulau-pulau kecil sekitarnya di Kepulauan Togean. Biasa disitulah feri-feri di Togean mendarat dan di situ pula lah para pengelola resort di sekitar Togean belanja dan mendapatkan segala keperluan untuk bertahan hidup di pulau terpencil. Harga tiket kapal motor berkisar Rp.40.000 menuju Wakai dan itu yang paling murah. berbeda harga lagi jika Anda ingin ke Katupat, Malenge, ataupun Dolong. Kapal motornya seperti Puspita Sari, Lumba-lumba Sejati ataupun Baracuda.

Bagi Anda yang terbiasa dengan sebuah kenyamana, mungkin akan terkejut setengah mati dengan kondisi yang ada saat memasuki kapal motor ini. Sebuah kapal yang tidak terlalu besar dan bergeladak tempat untuk tidur yang bertingkat. Silahkan dipilih tempat favorit Anda karena perjalanan akan cukup lama. Duduk di bagian depan feri saya sarankan jangan, karena akan terasa panas menyengat. Panas yang katanya karena terletak di garis khatulistiwa. Namun tidur di kapal juga akan terasa membosankan. Namun Anda dapat mereguk pemandangan indah kombinasi air dan pulau-pulau besar-kecil yang dilewati dari kanan kiri kapal. Seperti inilah pemandangan yang bisa dinikmati begitu jangkar feri dilepaskan dari pelabuhan Ampana. Angin yang menyengarkan di teluk Tomini akan membuat Anda terkagum dengan keistimewaannya. Perjalanan menuju kepulauan Togean. Cobalah bersosialisasi dengan penduduk lokal. Bukankah Anda akan mendapatkan banyak informasi yang mungkin belum pernah Anda dapatkan. dan saya lakukan itu. Great.

Setiba di Wakai, Anda dapat menlajutkan ke pulau kadidiri atau menginap di Wakai. Saran saya langsung saja ke pulau Kadidiri. Beberapa resort seperti Kadidiri paradise akan menjemput Anda di Wakai apabila Anda sudah melakukan pemesanan sebelumnya plus mendapatkan minuman penyambutan, air kelapa. Segar. Pulau Kadidiri memiliki tiga buah resor, yaitu Kadidiri Paradise, Pondok Lestari dan Black Marlin. Harga kamar di semua resort di Kadidiri sudah termasuk makan tiga kali sehari. Hanya saja harga kamar memang dipatok per kepala plus gratis air minum.

Untuk bungalow standar di Kadidiri Paradise dihargai rp 125.000 per orang per malam. Letaknya agak ke belakang, tidak tepat di tepi pantai. Sedangkan bungalow tipe deluxe Rp 150.000. Semua bungalow deluxe terletak hanya beberapa langkah dari bibir pantai, sehingga bangun tidur bisa langsung menghambur ke biru-hijaunya air. Tipe yang paling mahal, yaitu bungalow VIP cuma seharga Rp 200.000 per orang per malam. Setiap bungalow dilengkapi dengan beranda dan hammock untuk bersantai dan terdapat sepasang kursi malas untuk leyeh-leyeh tepat di muka bungalow. Kelebihan Kadadiri Paradise selain tempatnya asri, punya dermaga yang panjang sehingga asyik kalau ingin menikmati kerlap kerlip bintang di malam hari. Selain itu ada juga Lestari Cottage Kadidiri, penginapan dengan konsep backpacker ini menawarkan tarif paling terjangkau di Kadidiri. Tarif per orang mulai Rp125.000,00 dengan fasilitas 3 kali makan plus bebas mengambil teh, kopi dan air putih. Kelebihan di Lestari adalah harga yang terjangkau, trip keliling Togean dengan harga terjangkau dan keramahan ibu pemilik penginapan membuat para pengunjung merasa seperti di rumah. Pemiliknya merupakan orang lokal. Selain itu ada spot snorkling di depan penginapan dan pantai berpasir putih menjadi daya tarik lebih penginapan ini. Disamping itu bentuk bangunan sederhananya terletak di sepanjang garis pantai dan menghadap pantai. Ada juga Black Marlin dive centre (ditengah) ratenya Rp 250.000.-/mlm/orang 3 x makan, bentuk bangunan ada yg dari tembok ada yg dari kayu semua menghadap pantai. Silahkan disesuaikan dengan kepuasan dan kantong Anda.

Anda dapat menikmati pemandangan sunset memikat di Kadidiri yang setiap harinya bisa dilihat begitu mempesona dan akan membuat Anda jatuh cinta. Sepi, jauh dari hingar bingar ibukota dan menikmati desiran ombak pantai yang bergulung-gulung.

Sebagai informasi saja listrik di kepulauan Togian hanya menyala dari pukul 18.00 - 23.00 WITA saja atau selama 6 jam saja, begitu pun dengan aliran air di kamar mandi, namun itu semua tak mengurangi kenikmatan sesaat untuk berlibur di pulau tropis nan indah bukan?. Sinyal komunikasi jangan diharapkan bagus ya, cukup hanya untuk SMS dan telepon tidak untuk layanan data bahkan di beberapa pulau kecil akan terjadi Blank Spot. Anda yang suka dengan ke-eksis-an mungkin akan sedikit menurunkan mood Anda.

Bagi saya menikmati keindahan alam tidak melulu dengan fasilitas yang lengkap. fasilitas yang seadanya akan menambah nilai lebih keistimewaan itu. Saya jatuh cinta. Togean.

With Leisure

MKS
Togean islands, 2 April 2012


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Ryo wardhana
Ryo wardhana
Ryo wardhana Newbie
pd. 30 Des. 2012, 22.38

Wah seriusan habis 400? Bagaimana caranya? Bawa tenda boleh? Jadi pengen ksana...

Suka 0
mafrayu
mafrayu
mafrayu Newbie
pd. 20 Sep. 2012, 22.04

asik n cukup murah yah, udh lama pengen kesana tapi blm kesampaian :bokek: padahal sy tinggal dipalu :akhirnya:

Suka 0
mungkasmks
mungkasmks
mungkasmks Pro.
pd. 4 Mei 2012, 22.44

kalau ditogean saya sekitar 4 hari. dan percaya atau tidak hanya habis sekitar 400rb.heheheh...

Suka 0
Win alnez
Win alnez
Win alnez Pro.
pd. 30 April 2012, 21.55

Nice,

Mudah2an saya juga bisa kesana !
Blh tau kemaren abis berapa dan lama tinggal br hari ?

Suka 0

© backpackerindonesia.com