Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Tips keliling Danau Toba

om ben10
om ben10, pada 17 Mei 2012, 15.56
di Tanya & Jawab

Saya newbie, baru bergabung di BPI. Setelah saya lihat2 regional Medan koq sepi sekali, ini saya mau kasih sedikit tips keliling danau toba.
Saya tidak bisa menulis dengan benar nih. CMIIW yah.

Potensi wisata dgn alam yang sangat indah. Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatra Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis.Sayang tidak dikelola dgn baik oleh masyarakat dan pemda setempat.

Di Danau Toba terdapat 2 pulau kecil lain disekitar simanindo. Pulau Tao dan Pulau Toba. Juga terdapat 2 buah danau kecil yang mendapat julukan "danau di atas danau".

Danau Sidihoni (luas sekitar 5 ha, 8 km dari panguruan,cord: 2°36 05.34 N 98°44 41.15 E). Air danau ini sering berubah2 warnanya. dan satu lagi danau yg lebih kecil danau Aek Natonang.

Nah sekarang kita mulai cerita soal rute perjalan.

Ini sih touring masa SMA - Kuliah, sudah lama. Lokasi masih sangat terpencil, jalanan rusak parah. minim fasilitas. Jadi kita itu seperti bengkel berjalan, bawa ban serap, pompa, kunci2, jerigen buat bensin. Malah sering terpaksa isi rumput kedalam ban kalo kempes.

Kalau untuk saat ini masih minim fasilitas, cuma jalanan sudah bisa dilalui bus pariwisata. ( CMIIW yah soalnya bbrp tahun terakhir cuma explore dengan jetski).

** Route perjalanan I :

Medan - Tebing tinggi - Pematang Siantar - Parapat.
dari kota parapat baru menyeberang dgn ferry setempat ke P.Samosir
buat yg bawa motor bisa diangkut..gtw kalo mobil kecil.

Parapat - Samosir bisa ke Tuktuk Siadong atau Tomok, bisa dgn kapal ferry utk wisatawan, berangkat dari kota prapat nya. pas dekat pintu masuk. Kalau dgn kapal penyeberangan rakyat setempat dari Ajibata - Tomok.

Selanjutnya dari Tuktuk siadong mulai lah keliling sebagian P.samosir nya. Sepanjang perjalanan dari Tuktuk - Simanindo pemandangan gunung dan view danau kalau pas tidak terhalang pepohonan. Pas di simanindo jalanan landai rata dengan tepi danau, ada pantai pasir putih, dan terdapat 2 pulau kecil didalam danau, Pulau Tao (ini resort - kunjungan wisatawan bule) dan Pulau Toba.
Kalau tidak salah dari pantai simanindo jarak nya ke Pulau Tao 81m. Soalnya dulu2 sih kita suka menyeberang dengan berenang.

Selanjutnya dari Simanindo menuju Panguruan, disini medan mulai menanjak, mendaki gunung, cocok buat yang senang balapan. Memasuki panguruan medan semakin menantang menuju Tele (sdh ada di P.sumatra), selanjutnya - Sidikalang (bisa ke Tongqing dan Simalem resort), Kabanjahe, Berastagi.

Berastagi ini daerah tujuan wisata, seperti Puncak-cipanas, Batu-malang. Disekitar berastagi bisa naik lagi ke tempat wisata gundaling, Haranggaol, tetap dengan view Danau Toba dan Pegunungan.

Di Berastagi bisa hiking ke gunung Sibayak (2.212 M) dan gunung Sinabung (2.460 M). Perjalanan ke gunung sibayak terdapat pemandian air belerang Lau Debuk Debuk. Kalau ke gunung sinabung terdapat Danau Kawar.

Puas bermain di Berastagi, turun kearah Medan dengan melewati beberapa tempat wisata.

** Route perjalanan II :

Medan - Berastagi - Kabanjahe - Sidikalang - Tele - Panguruan.
Disini kita sudah berada di P.Samosir.
Panguruan - simanindo - Tutuk.
Kalau mau menyeberang ke kota Parapat, via ferry wisatawan.
Selanjutnya dari kota Parapat bisa kembali ke Medan via P.siantar - Tebing Tinggi - Medan. atau via Merek melewati (bisa ke Tongqing dan Simalem resort)- kabanjahe - berastagi - Medan.

** Untuk yang mau explore lanjut... destinasi selanjut nya kota Sibolga (sunset nya bagus benar ). Tempat wisata disekitar nya: tempat ziarah bunda Maria, Pandan, Pulau Poncan.

Parapat - Balige (terdapat makam Sisingamangaraja XII dan air terjun sampuran) - Tarutung - Sibolga.
atau
Parapat - Porsea - (melintasi jalan proyek sigura-gura) melintas ke kab. Asahan, Bandar Pulau. disini juga terdapat Air terjun Simonang monang.
Selanjutnya Bandar pulau - Simpang kawat - belok ke kanan kearah Tg.Balai Asahan. kalau belok ke kiri kearah Kisaran - kuala tanjung - Lima Puluh -
Tebing Tinggi - Medan.

Untuk yang senang wisata Bahari ada destinasi 2 buah pulau yg eksotik, cuma harus terlebih dahulu meminta izin dari angkatan laut setempat. Soal nya dijadikan basis Angkatan laut.

Pulau Pandan - bisa explore dari Batubara atau Tg.Balai. Ini tempat yang ketiga bagi saya yang selalu kepengen datang berkunjung lagi. Kalau tempat pertama tentu saja Danau Toba, baru Bali.

Pulau Berhala - bisa explore dari Batubara atau Tg.Balai, lebih dekat dari Belawan sih.

** kalo sempat nanti saya tulis lagi tips touring jakarta - sumatra dengan melintasi jalur lintas tengah, timur, dan barat.

** CMIIW yah.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

pay_766hi
pay_766hi
pay_766hi Sr.
pd. 26 Jan. 2014, 1.20

mantap bang, kapan2 mau coba rutenya deh klo pulkam ke Haranggaol.. :jempol:

Suka 0

© backpackerindonesia.com