Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Hampir Nyasar di Gunung Cikuray

anugrahsuradipurwo
anugrahsuradipurwo, pada 28 Mei 2012, 3.47
di Blog

source: http://paragembelgembel.blogspot.com/2012/05/hampir-nyasar-di-gunung-cikuray.html

Setelah mendaki Gn.Pulosari bulan lalu,wah ada tanggal merah lg nih 17 Mei (nama nya jg traveler ga betah drmh klo ada tanggal merah hahaha) ga tau knp lg addicted bgt sama yg nama nya naik gunung,sbnr nya dr dulu gw tertarik sama yg nama nya naik gunung tp berhubung bdn gw agak bohay (alias chubby hahaha) gw takut aja naik gunung,takut ga kuat naik soalnya wekekekekeekk..Ywd ajak anak2 yg lain dan ternyata hanya terkumpul 4 org doank (Gw,Jamal,Sogi,Hafiz), ywd ga masalah..hajar daaaaaah..Awal niat sih mau ke Gn.Papandayan tp kita pindah haluan ke Gn.Cikuray krn ngiler sama puncak nya yg katanya berasa di Negri Atas Awan. Kita sama sekali ga tau trek di sana,ya dgn bermodalkan info2 dari internet kita coba berangkat,bismillah aja.

Gn.Cikuray berada di Garut dgn ketinggian ada yg bilang 2.818 mdpl dan ada jg yg bilang 2.821 mdpl dan memiliki 3 jalur pendakian yaitu Bayongbong, Cikajang dan Dayeuh Manggung (Cilawu). Kita ambil jalur Dayeuh Manggung krn menurut info merupakan jalur yg tidak terlalu sulit dan ga terlalu terjal di banding jalur lain. Gn.Cikuray di sepanjang pendakian ga ada mata air sampai puncak,kita cuman bisa nemuin air di Pemancar doank, so kita hrs prepare air lebih dr cukup drpd kekurangan. 1 org bawa air 5 botol ukuran 1,5 liter..kebayang dah tuh berat nya tas hahaha.

Rabu, 16 Mei 2012
Perjalanan di mulai dari terminal Bekasi,jam 22.30 kita nyampe di terminal Bekasi dan sial nya ternyata bis nya udah abis td jam 22.00 waduh gmn nih??ywd dgn terpaksa kita naik bis Budiman Bisnis AC jurusan Tasik dgn biaya 40rb/org *nangis*..Kita di turinin di Nagreg jam 02.00 krn ga mungkin kita ikut ke Tasik,lanjut naik mobil elf jurusan terminal Garut (Guntur) nyampe jam 03.00,kita istirahat, mkn, solat subuh sambil nunggu angkot putih abu2 arah Dayeuh Manggung.

Kamis, 17 Mei 2012
Jam 06.00 kita sampai di Patrol (pintu menuju perkebunan Dayeuh Manggung),dr sini ke Pemancar jarak nya lumanyun dah klo jalan bs 3 jam,krn kita emang udh niat naik ojek (lumayan kn irit tenaga hahaha) ywd kita sewa ojek untuk ke Pemancar 30rb/org nya,perjalanan ke Pemancar kondisi jalan nya bebatuan udh gitu ojek nya ngebut bawa mtr nya,tau kn gmn rasanya naik motor di jalan bebatuan dgn kecepatan ngebut??ya begitu dah gujlak-gujlak bergetar-bergetar gmn gitu hahaha. Oia di tengah jalan kita ketemu Pos perkebunan,di situ kita di suruh ngisi buku tamu dan kena biaya 2rb/org. Jam 07.00 kita nyampe jg di Pemancar. Pemancar ini merupakan titik awal pendakian Gn.Cikuray dr sini puncak Cikuray sbnr nya udh deket palingan 3 jam (buat yg udh Pro pst,klo yg newbie mah bs 6 jam kyk kita hahaha) sblm berangkat kita sarapan dulu buat isi tenaga.

Jam 08.00
Start dr Pemancar melewati perkebunan teh di kanan kirinya sebelum masuk ke pintu hutan,dr pintu hutan sbnr nya tuh trek nya keliatan bgt jd ga mungkin nyasar. Tp kenyataan nya kita baru jalan aja udah nyasar hahaha ywd kita tanya2 sama petani jalan buat ke atas lewat mana. Akhirnya kita masuk ke dalam hutan nya dan ketemu persimpangan (nah bingung dah nih ngambil yg mana??kanan apa kiri) klo di liat kiri itu balik lg ke perkebunan,kanan agak masuk ke hutan..dgn bismillah kita ambil kanan (kata Jamal.."Intinya YAKIN !!!" hahaha). Lah kok jalan nya jd ga keliatan gini,kok jalan nya jd gembur gini..Apakah kita nyasar??waduh gmn nih?masa baru awal2 udh nyasar wekekekekekkk..Si Jamal dan Hafiz coba nyari jalan ke atas,siapa tau ketemu jalan yg bener dan ternyata hasil nya nihil (ga ketemu jalan) kita coba nenangin diri,pikiran dan tentunya perut hahaha..dgn membuka sebungkus nasi+ayam kentut aki2 (perasaan td di bwh udh mkn dah!!maklum perut gembel :D ) sambil kita rembukin mau gmn nih.."Ywd lah kita balik lg aja ke persimpangan td,mumpung kita blm jauh..siapa tau ketemu pendaki yg lain" yasudlah kita balik ke persimpangan td dan emang bener kita blm jauh yaa palingan 200 meteran..nyampe persimpangan yg td lg,kita ketemu deh sama pendaki lain dr Cimanggis (Univ.Jayabaya)..ywd gw tanya "Om ada yg udh pernah ke sini" dan mereka jawab blm pernah hahaha..waduh gmn nih,ternyata ada lg pendaki yg lain nya (dari Bogor) yg baru nyampe jg,ada yg udh pernah (alhamdulillah..tau jalan berarti)

Selama perjalanan ga tau gmn ceritanya ternyata kita jd 1 tim dgn 4 anak Cimanggis (Teddy,Pay,Nokiep,Emo) yg pd koplak2 org nya..sama lah kyk kita..kita jd 1 tim ber8 org dan tentunya kita menjadi tim yg solid (alias banyak ngaso nya..jalan dikit ngaso..jalan dikit ngaso wuekekekekekekk). Trek Cikuray merupakan trek yg tanpa bonus dan tanpa ampun,dr bawah ampe atas itu jalur nya nanjak terus dan pastinya bikin ngaso terus hehehe. Jalur nya banyak akar jd klo ujan licin (alhamdulillah waktu itu cuaca cerah). Pos demi Pos kita lalui bersama,jam 12.00 kita ngaso di pos 4 deh klo ga salah,kita gelar kompor buat ngopi dan jg gelar nasi bungkus semalem + ayam kentut aki2 yg blm basi. Kita break total di sini kira2 ampe jam 13.00.

Jam 16.00 kita baru nyampe di Puncak Bayangan,krn kondisi tubuh yg sudah lelah ywd kita gelar tenda di sini dan besok pagi jam 3 kita summit attack. Kebetulan tim yg lain,Bogor dan IPB jg ngecamp di sini. Pas malem nya suasana sepi krn yg lain pd tidur di tenda dan klo keluar tenda jg dingin nya puooooooool. Ga kyk di Pulosari jam 11 mlm aja msh rame pd ngobrol,di sini abis magrib udh sepi.

Jum'at, 18 Mei 2012
Jam 03.00 kita bangun dan siap2 untuk summit attack,anak Cimanggis jg udh pd bangun,kita summit attack brg. Jam 03.30 kita start,kondisi trek dr puncak bayangan ke puncak jg sama kyk di bawah,menanjak dan banyak akar dan jg dingin sangat,tp jalan dgn kondisi gelap itu lbh enak sih menurut gw. Jam 05.00 kita sampai di Puncak Gunung Cikuray *horaaaaaaaaaay dan di hari Jum'at ternyata gw org pertama yg nyampe puncak hahaha..Subhanallah indah nya pemandangan dari puncak Gn.Cikuray, ternyata emang bener berasa di Negri Atas Langit,hamparan lautan awan terlihat dr puncak dan juga hamparan Gunung dan Pegunungan keliatan,Subhanallah.

Jam 07.00 kita turun balik ke tenda,sampai di lg di tenda sebagian packing2 barang dan sebagian siapin sarapan.Perjalanan turun ternyata ga selama perjalanan naik (yaiyalah cuman turun doank mah cepet) tp lbh berbahaya turun ternyata,apalagi klo turun nya cepet2 bisa2 kepleset jatoh..gw jamal sogi sempet kepleset gara2 akar2,tanah dan batu yg licin. Perjalanan turun cuman makan waktu 2 jam doank,sedangkan naik nya 6 jam lebih hahaha..

"Saat naik gunung..niatkan hati kita untuk menikmati alam,bkn malah untuk merusaknya..Alam yg indah ini sudah ada sebelum kita terlahir menjadi manusia yang mempunyai sifat nakal,so hargailah alam"

"Naik Gunung itu ga usah cepat-cepat..pelan-pelan saja..hargai alam ini dan ada doa di setiap langkah nya - Alm.Widjajono Partowidagdo - Wamen ESDM "

Biaya:
- Angkot 03 Bintara ke Kranji = 2rb
- Angkot 05A Kranji ke Terminal Bekasi = 3 rb
- Bis Budiman ke Tasik = 40rb
- Elf Nagreg ke Terminal Garut (Guntur) = 15rb
- Angkot Putih-Abu2 ke Dayeuh Manggung = 4rb
- Ojek ke Pemancar = 30rb
- Biaya Pos masuk = 2rb
- Elf carter pulang dari Pemancar ke Terminal Garut = 20rb
- Bis Kurnia Terminal Garut ke Terminal Bekasi = 30rb
- Carter angkot Terminal Bekasi ke Bintara = 45rb
- Total = 191rb (kita over budget krn kemaleman pas nyampe terminal bekasi,jd kudu naik bis arah tasik dan turun di nagreg)

Tambahan:

- Bawa jaket tebel krn dingin bgt,apalagi pas di puncak
- Sedia air yg banyak krn setelah Pemancar ga ada sumber air
- Yang dari Bekasi bis arah Garut jam 10 mlm itu yg terakhir
- Buat ke Pemancar klo mau carter Elf mending yg udah kenal sama daerah situ atau udh kenal sama tukang ojek nya,krn ojek nya kyk nya agak sedikit rese klo ada angkutan lain yg naik ke atas (ngerasa di ambil jatah rejeki nya mgkn)
- Klo bisa pake sepatu krn jalur nya banyak akar (drpd kaki luka2 kena potongan akar)

warm regards,
anugrah
https://twitter.com/anug_grah


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com