Cari temen : JKT-VIETNAM (HCMC) - CAMBODIA (PNOM PENH, SIEM RIEP, ANGKOR WAT)

hornetto
hornetto, pada 29 Juni 2012, 21.27
di Cari teman jalan

Start: 28 Okt. 2012, 17.00

Salam bekpek kawanz...
aku newbi disini ingin dapat temen dalam perjalanan,,,
Aku ada rencan perjalanan ke HCMC dan ke cambodia, tp kalau memungkinkan mampir ke bangkok juga lucu ya,
kalau ada yang tau jalan darat perbatasan cambodia ke bangkok kira2 memakan waktu berapa lama? kalau yang tau tolong share dong!!! thx
Insya allah dah banyak panduan yang saya kumpulkan baik dari baca2 di internet maupun buku,
kalau temen2 ingin sama2 merencanakan perjalanan bulan itu kita join aja yukk..!!
kebetulan aku sendirian alias solo traveller.
kalau ada itinerary atau saran yang bagus buat rencana perjalanan nya untuk jangka waktu 8 hari, tolong di share ya bro and sist, thank alot

BudhiWardhana
BudhiWardhana Jr.
pd. 28 Okt. 2012, 8.28

Oya Bro, ini sekedar share perjalanan saya yang dulu. Mudah-mudahan membantu dan belum telat :)

27 Sep : penerbangan ke HCMC
- Taksi dari Bandara ke penginapan di kawasan Pham Ngu Lao sekitar 160,000 – 180,000 dong (Pastikan gunakan taksi Vinasun atau Mai Linh)
- Penginapan Kim’s Place – 47 Do Nguang Dau Street di dekat kawasan backpacker Pham Ngu Lao (biaya dari USD 8 per malam untuk kamar dormitory). Free internet, breakfast, dan kamar mandi dalam.
- Makan malamnya saya cari bakpau seharga 15,000 dong.

28 Sep :
- Tour keliling kota seharian seharga 7-8 USD, pesan dari tempat penginapan. (Yang dikunjungi : Museum War Remnants, Klenteng di Chinatown, Pasar Thay Binh, Reunification Palace, Notre Dame Cathedral, dan Post Office Building, Ben Thanh Market). Di Museum War Remnants dan Reunification Palace saya keluarkan tambahan biaya untuk tiket masuk.
- Malamnya saya jalan kaki ke Ben Thanh Market untuk nonton pasar malam, hunting foto ke City Hall dengan patung Ho Chi Minh di depannya, jalan-jalan ke Opera House & Rex Hotel, Central Saigon Mosque, hingga ke riverside Saigon River. ( semuanya gratis…)

29 Sep :
- Tour ke Cao Dai temple dan Cuchi Tunnel seharga 8 USD, pesan dari tempat penginapan. Ada biaya tambahan untuk tiket masuk ke Cuchi Tunnel.
- Malamnya saya balik ke penginapan meskipun saya sudah check out dari penginapan sejak pagi. Cuma sekedar numpang mandi dan nunggu bis malam ke Phnom Penh (jam 12 malam).

30 Sep :
- Jalan ke Phnom Penh pakai bis malam berangkat jam 00.00. Tiketnya 11 USD dan dipesan dari penginapan.
- Sampai Phnom Penh jam 10.30 pagi. Saya langsung pesan tiket bis malam ke Siem Reap yang jadwalnya jam 23.00. Tiketnya 9 USD. Saya titip tas ke kantor agen bis Virak Buntham (gratis). Tas saya ditandai pakai nomor urut.
- Keliling-keliling kota PP pakai tuktuk (13 USD – negotiable). Yang saya kunjungi : Killing Field, Russian Market, Tuol Sleng Genocide Museum, Central Market, Wat Phnom, Royal Palace, National Museum, Riverside Sisowath Quay, dan malamnya ke Pasar malam di sebelah agen bis malam Virak Buntham.
- Sebelum berangkat saya sempat numpang mandi di WC umum dekat kantor agen bis. Kondisi WC nya sih hampir mirip WC umum terminal di Indonesia 

1 Okt :
- Sampai di Siem Reap pukul 05.00 pagi. Dianter sopir tuk-tuk (1 USD) ke penginapan di Popular Guesthouse dekat Old Market.
- Saya ambil single room seharga 3 USD per malam.
- Jam 8 pagi saya keliling kota pakai sepeda sewaan seharga 1 USD.
- Kunjungi Angkor Museum seharga 12 USD.
- Lalu jalan ke kantor pos, hunting foto ke taman kota, dan makan siang di Old Market (makan siang sekitar 1.25 USD).
- Sorenya saya jalan-jalan di old market, pub street, night market. Sebenarnya ada alternative lain untuk mengunjungi Kampung di dekat danau Tonle Sap, tapi ini biayanya lumayan mahal.

2 Okt :
- Eksplorasi Angkor dari jam 5 pagi – 7 malam. Saya sewa tuk tuk seharian 25 USD untuk semua temple (kayaknya ini masih bisa dinegosiasikan). Tiket masuk Angkor 20 USD dan tiketnya jangan sampai hilang karena harus ditunjukkan setiap kali masuk temple.
- Malamnya saya cek out jam 2 pagi karena harus mengejar bis malam ke BKK jam 2.30. Tiket bisnya 15 USD.

3 Okt:
- Pukul 7.00 sampai Poipet (border Cambodia) dan harus jalan kaki untuk antri di imigrasi. Di perbatasan ini harus ganti bis. Hati-hati Poipet kotanya rawan. Salah satu penumpang nyaris kehilangan tas lantaran diambil oleh sopir tuk tuk yang naik ke bus mencari penumpang.
- Pukul 8.00 keluar dari imigrasi Thailand dan menunggu minivan untuk dianter ke Bangkok. Sekali lagi harus melewati pos pemeriksaan yang dikawal tentara Thailand. Kita disuruh baris dan diperiksa paspor dan barang bawaannya.
- Sampai BKK (Khaosan Road) sekitar pukul 14.00. Selanjutnya terserah. Saya sendiri karena BKK bukan tujuan utama, maka saya memilih untuk istirahat di penginapan (Kawin Place Guesthouse di Khaosan Road dengan ongkos 300 Baht semalam) dan dilanjut hang out sebentar di kawasan turis Khaosan Road.

4 Okt:
- Naik bis kota no 53 dari National Theatre ke Stasiun kereta Huang Lamphong, ongkosnya sekitar 13 baht karena harus ganti bis.
- Beli tiket kereta kelas tiga (paling murah) ke Ayutthaya seharga 20 baht.
- Sampai Ayutthaya nego sama sopir tuk tuk. Akhirnya saya bisa dapat 6 jam – 700 baht. Resminya 200 baht per jam per kendaraan. Untungnya lagi yang saya naiki adalah sedan ber AC, bukan lagi tuk tuk.
- Pukul 15.30 balik lagi BKK dengan kereta kelas tiga seharga 20 baht.
- Naik bis kota no. 53 dan turun di lapangan Sanam Luang, dekat Khaosan Road (biaya 6.5 baht)

5 Okt :
- Belanja oleh-oleh ke MBK. Dari Ratchadamnoen Road (dekat Khaosan) naik bis no 15. Biaya 6.5 baht.
- Pulangnya saya checkout dari penginapan dan ditebengin teman yang kerja di Bangkok menuju Bandara Don Muang. Sebenarnya kalau naik taksi ke Don Muang tak lebih dari 300 baht karena lebih dekat di bandingkan bandara Suvarnabhumi.

Sekedar saran,
1. jangan banyak-banyak bawa DONG. Paling banyak bawa sekitar 200,000 dong untuk ongkos taksi dari bandara ke penginapan. Karena transaksi di sana lebih banyak menggunakan USD dan kembaliannya menggunakan dong yang dipatok fixed sebesar 1 USD = 20,000 DONG.
2. Bawa USD saja untuk di Vietnam dan Cambodia. Cambodia hampir sama dengan Vietnam, meskipun punya mata uang local, tetapi mereka menggunakan USD untuk jual beli. Kurs Riel dipatok fixed 1 USD = 4000 Cambodia Riel.
3. Kalau di Thailand sebaiknya bawa Baht dari tanah air. Sebab di sana selalu menggunakan baht untuk jual beli.

Salam bekpek

BudhiWardhana Jr.
pd. 28 Okt. 2012, 8.09

Akhir bulan kemarin saya solo traveling di jalur yang sama cuma nambah sampai Bangkok (BKK). Jalurnya HCMC - Phnom Penh (PP) - Siem Reap (SR) - BKK. Ongkosnya habis sekitar 3 jutaan di luar biaya terbang. Dan ini termasuk biaya saya untuk kunjungi BKK dan Ayuthaya. Jadi jika sampai SR paling habis cuma 2 juta saja. Tapi tentu saja bisa ditekan jika sharing cost. Berikut ini beberapa ancer-ancer biayanya.

1. Taksi dari Bandara Than Son Nhat - Pham Ngu Lao (kawasan backpacker) : 160 ribu - 170 ribu Dong sekitar 80 - 85 ribu IDR.

2. City tour HCMC : 8 USD seharian. Kalau ingin pakai Ojek (Xe Om) biasanya lebih mahal tapi destinasi yang dikunjunginya jauh lebih banyak dan lebih puas (sekitar 300 ribu Dong)

3. Tour ke Cao Dai Temple dan Cuchi Tunnel : 8 USD.

4. Bis malam dari HCMC - PP : 11 USD (pakai Kampuchea Angkor Express) --> kalau banyakan bisa di nego sampai 8 USD. Berangkat jam 12 malam, sampai PP jam 10 siang.

5. Tuk Tuk keliling kota PP dari Killing Field - Genocide Museum - Russian Market - Central Market - Wat Phnom - Museum National - Royal Palace : 10 - 15 USD. Kalau banyakan kan bisa patungan.

6. Bis malam dari PP - SR : 9 USD, berangkat jam 11 malam, sampai jam 5 pagi.

7. Sewa tuktuk keliling Angkor 15 - 25 USD. Bisa share cost juga.

8. Bis malam dari SR - BKK : 11 USD. Oya hati-hati di perbatasan antara Cambodia (Poipet) dan Thailand (Arayaprathet). Tempatnya crowded banget. Jangan malu untuk sering-sering bertanya karena kita harus ganti bis dan urus imigrasi. Hati-hati juga karena kemarin ada penumpang yang kecopetan tas waktu turun di Poipet. Berangkat jam 2.30 dini hari, sampai jam 2 siang hari di Khaosan Road.

Penginapan :
- di HCMC sekitar 8 - 15 USD per malam (fasilitasnya luar biasa : AC, kamar mandi dalam, TV, Komputer, Wifi)
- di SR single room dengan double bed hanya 3 USD per malam
- di PP saya tidak menginap, numpang mandi di WC umum dekat agen bis :)

Masalah makan, di tempat-tempat kaki lima juga nggak terlalu mahal. Kalau makan sama daging sekitar 10 ribu - 20 ribu IDR. Banyak-banyakin minum air putih dan makan buah potong segar biar nggak dehidrasi. Jangan lupa kalau ke Angkor bawa bekal makanan buat sarapan dan makan siang. Sebab kalau makan di objek wisatanya mahal banget. Untuk kunjungi Angkor berangkatlah jam 5 pagi dan pulang malam hari. Jadi bisa puas dapatkan sunrise dan sunset. Oya ongkos masuk Angkor terbilang mahal, 20 USD per hari.

Begitu bro gambarannya

pd. 15 Agu 2012, 1.17

@reza : HCMC ke kamboja naik bus

rezatrinugrahadi Pro.
pd. 14 Agu 2012, 14.42

[quote=hornetto]@reza : aku dah beli tiket PP kok jadi insya allah udah pasti. aku dari HCM ke cambodia nya juga juga jalan darat koq.

kamu aja yang gabung... aku kan berangkat tanggal 29 oct 2012 dan pulng 5 nop 2012[/quote]

kabar2in yahhhh bos ,dr hcmc k camboja naik apa .hehehe .*pasti nnti gue pm klo ud plang :)

pd. 14 Agu 2012, 1.03

[quote=avisaje]kereen bgt....gw rencanain bekpek jg tpi skalian malay-sgp. cuma rencana baru tahun depan (okto 2013). ntr share2 yaak pengalaman lo biar jdi bahan referensi bkin initiary jg :)[/quote]

ok doakan ya semoga banyak kesan disana yang bisa di share...

avisaje Newbie
pd. 12 Agu 2012, 12.07

pd. 11 Agu 2012, 23.59

rezatrinugrahadi Pro.
pd. 9 Agu 2012, 15.57

bos ,ane jg ada rencana ,utk ksana tp mau sung 6negara ,
gw kmren sempet liat fieldreport org yg yg pernah jlan dr batam-spore-malay-thai-laos-vietnam-via darat ,tpi pulangnya vietnam lgsung pake psawat k spore ,

dy ngabisin 4jtaan all in .

nah gw justru kebalikannya ,

jakatra-vietnam trs make jalur darat *kreta sama bus mlem vietnam-kamboja-laos-thailand(bangkok & phuket)-malaysia terakhir singapore .

plangnya spore-jkt .

rencana brgkat januari 2013 ,breng aja bos ,

tiket gw cek jkt-ho chi min city 419rb .10 jan
spore-jakarta 409rb ,22 jan.

klo lw taun ini jd brgkat kbr2in yah .gue butuh itin nya .hehehe :hore:

pd. 4 Agu 2012, 1.22

[quote=sapingunging][quote=hornetto]gabung tanggal ku aja neng... tar kita sewa mobil ke "mui ne" kalau banyak orang kan murah. kayaknya ada yang gabung ma aku, suami istri mereka udah ada tiket juga, semoga banyak paling gak 6 org biar rame[/quote]

udah beli tiket pulangnya dari KL buat tanggal 6 Desember. tinggal berangkatnya aja nih. mumpung AA lagi sale ke hcmc bang :D[/quote]

wah.... rada unik nih... beli tiket koq pulangnya duluan,,, hehhehee but it's ok. kalau mau berangkat tanggal 29 oct sih bisa bareng..
aku kemaren beli JKT - HCMC PP cuma 850rb kok

trmauli Jr.
pd. 1 Agu 2012, 8.59

Hai, minta contact person nya dong biar bisa janjian. Ym atau no hp. Thanks