Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Petualangan Dieng

andri.bond
andri.bond, pada 6 Sep. 2012, 16.08
di Blog

Hallo....sebelumnya perkenalkan nama ane andri pria lajang berusia 20 tahun. :D
Ane mau cerita perjalanan ane ke Dieng waktu abis lebaran kemaren, jumat tanggal 24 september 2012.
Ane asal bekasi sebuah kota yg ga jauh dan ga deket dari ibukota Jakarta.
Dari bekasi ane berangkat cuma berdua temen ane aja abisnya smua orang yg kenal pada ga bisa diajakin jalan. :stres: Kita berdua sama-sama belom pernah ke dieng, jadi kita sama-sama buta lah :ngakak:
Berhubung kita ga punya GPS, so apa boleh buat kita pake system yg lebih canggih dari itu namanya TSW ( tanya sama wadon = MODUS ) :gaya: . Dari bekasi kita menumpang bus Sinar jaya jurusan Wonosobo. Niat dari rumah naek yg kelas ekonomi pas nyampe di pul eh malah dapet yg AC. Alhasil 115rb harus keluar dari dompet :voodoo: Tau sendiri ongkos pas lebaran pada naek :stres:
Perjalanan memakan waktu 10 jam. Waktu di bis kita bertanya-tanya sama penumpang laen mengenai rute angkutan umum dari wonosobo menuju Dieng. Dan...... :akhirnya: kita menemukan seorang wanita berusia kurang lebih 30 tahunan yg dengan senang hati membantu. Padahal baru kenal pas turun dari bis, eh langsung di ajak kerumahnya :aselole:
Sabtu, 25 september 2012 kita turun di depan plasa wonosobo klo ga salah trus langsung mampir kerumah mbak itu. Dirumahnya kita dikasih makanan khas wonosobo yaitu tempe kemul. Abis makan kita langsung menuju Dieng dengan bus tanggung dengan tarif 10rb. Perjalanan kurang lebih 45 menitan dari alun-alun sampai Dieng.
Pas sampe Dieng tempat pertama yg kita tuju yaitu telaga warna dengan biaya masuk 5rb. Muter-muter sambil foto-foto di lanjut ke kawah sikidang. Kemudian kita menuju telaga cebong. Tau ga, ane jalan kaki dari dieng sampe telaga cebong yg jaraknya 7km. Udah panas, sambil bawa carrier pula :stres:
Kira-kira jam 3 sorean kita sampai di telaga cebong setelah berjalan kaki kurang lebih 4 jam. Tapi rasa lelah hilang sesampai di telaga cebong. Keindahannya bak danau-danau di eropa dah. Kurang lebih sejam istirahat di pinggir telaga sambil ngopi, kita lanjut naik ke puncak Sikunir. Perjalanan 30 menit. Sekedar info klo mau ngecamp di puncak kena biaya 5rb pertenda. Bayarnya ke Pak Sohir selaku petugas setempat. Nomer hpnya siapa tau dibutuhkan ( 082892808352 ).
Sesampai di pucak kita foto-foto kemudian pasang tenda yg kita bawa dari rumah. Kita berdua kenapa ga sewa homestay soalnya biar dapet suasana alamnya. Selain itu juga karena bawa duit pas-pasan :ngakak: . Setelah itu nyiapin makan malam. Udara malam dingin sekali disana. Dengan ketinggian 2200 dpl dan suhu sekitar 10 derajat.
Sekitar jam 4 pagi kita bangun karena tidak mau ketinggalan golden sunrise. Sikunir ini terkenal dengan Golden Sunrisenya.
Puas liatin Golden sunrise lanjut kita masak makanan bekal kita. Udara dingin bawaannya laper terus :D . Jam 8 pagi kita packing karena mau pindah tempat camp. Jam 9 ranger naik ke puncak karena ada kebakaran di gunung Sikunir. Mendengar akan hal itu sebagian orang panik dan ada beberapa orang masih sempat-sempatnya berfoto-foto :ngakak:
Akibat kebakaran ini kita semua yg berada di puncak terpaksa turun gunung dengan membuka jalur baru. Jalurnya cukup extream sampa-sampai ada yg merosot turunnya :D
Sesampainya di pos bawah atau di telaga cebong tim sar dari wonosobo sudah berdatangan untuk memadamkan kebakaran tersebut. Benar-benar momment yg sulit dilupakan :) Hari itu tepatnya hari minggu tanggal 26 september 2012.
Dari telaga cebong kita naik ojeg menuju dieng dengan ongkos 10rb karena kapok jalan kaki sangat jauh :capek: . Sampai di dieng kita mampir dulu ke Candi dieng. Selesai foto-foto kita lanjut mendaki ke puncak Gunung Prau atau banyak disebut orang sebagai bukit teletabies.
Cukup jauh dan sulit menemukan air disepanjang jalan karena musim kemarau. 1,5 jam kemudian kita tiba di puncak. Dan apakah yg kita dapat disana? Sangat mengecewakan. Hanya ada pemancar sinyal telekomunikasi disana. Bukit kering karena kemarau dan tidak nampak seperti bukit teletaies. Akhirnya kita memutuskan untuk turun kembali. Jam 4 sore kita menuju terminal wonosobo untuk pulang. Jam setengah 6 tiba di terminal. Kehabisan tiket, itulah yg kita dapatkan disana. Terpaksa menginap di kantor dishub terminal.
Senin pagi 27 september 2012 ke loket sinar jaya. Tiket jakarta habis lagi. Ada tiket ke bandung. Tanpa pikir panjang kita beli tiket ke bandung seharga 100rb untuk kelas eksekutif. Sebelum pulang kita jalan-jalan dulu mencari mie ongklok khas wonosobo. Setelah keliling akhirnya kita mendapatkannya. Untuk semangkuk mie seharga 7500 udah pakai sate.
Jam 6 sore kita sudah jalan menuju bandung. Tiba di bandung hari selasa 28 september 2012 jam 2 pagi. Karena jam segitu bis yg ke bekasi belum ada, kita menetap dulu di mushola terminal. Jam 7 berangkat menuju bekasi. Jam 10 tiba di bekasi.
Total biaya keseluruhan Rp 700 ribu 2 orang.
Itu ceritaku. Mana ceritamu? :bye:


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

tirta
tirta
tirta Jr.
pd. 25 Feb. 2013, 20.17

nice info..backpacker y manteb ni mantab gan...

Suka 0
Only iqiq
Only iqiq
Only iqiq Sr.
pd. 14 Des. 2012, 18.44

Pengeen kesana

Suka 0
nenny
nenny
nenny Newbie
pd. 2 Okt. 2012, 16.22

kok g ada foto2 ny.. :capek:

Suka 0
fery_mpen
fery_mpen
fery_mpen Newbie
pd. 2 Okt. 2012, 1.00

wih keren.
tapi kurang si,, soalnya lu gak ngajak ngajak gua si..
:D

Suka 0
andri.bond
andri.bond
andri.bond Sr.
pd. 1 Okt. 2012, 7.25

mauline : salam kenal :)

bisa naik sinar jaya jurusan wonosobo...nanti turun di plaza aja bilang.jangan di terminal.
dari plaza naik bus tanggung ke dieng..

siap boss :)

Suka 0
mauline lucia
mauline lucia
mauline lucia Sr.
pd. 30 Sep. 2012, 21.16

Andriiii dan Dinar, salam kenal yaaa 8)

Andri, aq jg ada rencana mau maen ke Dieng tgl 25 mlm dari Jkt, penasaran blm pernah kesana..
Posisi aq di Jkt, boleh info bus apa yg kesana langsung ??

Next time klo ada trip lg, ajakin aq yaa :aselole:

Suka 0
andri.bond
andri.bond
andri.bond Sr.
pd. 29 Sep. 2012, 11.34

dinar : confirm :)
elfarizi : yoi keren..tapi gara-gara kebakaran jadi rusak dah :stres:
piccayu : emang domisili dimana sis? :) banyak tempat indah di jawa. kapan2 bisa ngetrip bareng :)

Suka 0
piccaayu
piccaayu
piccaayu Jr.
pd. 17 Sep. 2012, 11.15

Trimakasih ceritanya cukup bikin inspirasi,jadi semangat lagi mau tour jawa

Suka 0
elfarizi
elfarizi
elfarizi Pro.
pd. 17 Sep. 2012, 0.09

wah ane juga barusan dari Dieng bro...
dari tanggal 31 Agustus sampe 2 September..

emang mantep bro Dieng, apalagi golden sunrise Sikunir..
keren gilak.. :D

*tapi kemaren ane dapet bus Sinar Jaya ke Bandung cuma 65 ribu

Suka 0
dinar.dieyan
dinar.dieyan
dinar.dieyan Jr.
pd. 15 Sep. 2012, 20.49

Haiiii.... Boleh kenalan? sapa tau bisa travel brg" ... punya pin ato no Hp?
ini pin w 27c0323D. ato hp 085781186000. W suka jali" tp ssh dpt temen yang punya hobi sama. :akhirnya:

Suka 0

© backpackerindonesia.com