Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Candi Perawan Candi Muaro Jambi Potensi Situs Warisan Dunia

Elly Silalahi
Elly Silalahi, pada 5 Agu 2014, 5.53
di Blog

Setelah penulis menikmati keindahan Danau Toba dari Desa Wisata Tongging, Kab. Tanah Karo Sumatera Utara, penulis ngebolang menuju Candi Muaro Jambi. Kekaguman penulis akan kompleks Candi Muaro Jambi ini karena bukan merupakan candi tunggal peninggalan agama Budha seperti Borubudur, tetapi merupakan beberapa candi yang ada terletak berdekatan dan berjauhan. Komplek candi yang masih perawan ini belum tersentuh dunia bisnis wisata. Dan di masa yang akan datang mungkin saja akan muncul candi-candi lainnya disekitar komplek candi Muaro Jambi dan bisa saja nantinya menjadi komplek candi terluas di dunia.

Berdasarkan data dari wikepedia, Situs Purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia yang kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Kompleks percandian ini terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Indonesia, tepatnya di tepi Batang Hari, sekitar 26 kilometer arah timur Kota Jambi. Koordinat Selatan 01* 28'32" Timur 103* 40'04". Candi tersebut diperkirakakn berasal dari abad ke-11 M. Candi Muaro Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di pulau Sumatera. Dan sejak tahun 2009 Kompleks Candi Muaro Jambi telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.

BERSEPEDA WISATA

Di Komplek Candi ini menyenangkan bagi anak-anak untuk bersepeda dan disediakan persewaan sepeda yang tidak terlalu mahal, cukup mengeluarkan 10 ribu, anak-anak sudah dapat bersenang-senang bersepeda mengelilingi candi-candi yang bertebaran di sekitar kompleks percandian. Hanya satu yang menurut penulis, harusnya pihak dinas wisata disana melarang atau tidak memperbolehkan motor-motor untuk masuk ke komplek percandian, cukup di parkir di tempat parkir diluar lokasi pencandian. Selain mencegah polusi yang juga tidak baik untuk pelestarian alam, juga membahayakan anak-anak yang bersepeda.

Sebagai Situs Warisan Dunia, butuh dukungan pemerintah setempat dan pemerintah pusat untuk berusaha menjadikan Candi Muaro Jambi ini menjadi situs warisan dunia, dan menjadikan isue nasional bukan hanya isue lokal. Setelah di resmikan oleh Presiden SBY tahun 2011, yang lalu" so what?" Apa tindak lanjutnya? Jangan hanya "lips service" saja. Banyak hal yang bisa dilakukan dari situs ini diluar wisata, bisa untuk penelitian, pengetahuan dan media pembelajaran. Sebenarnya perlu tindakan pemerintah membuat lokasi candi yang tersendiri dan menyatu dan merelokasi rumah-rumah rakyat sekitarnya, sehingga memudahkan proyek-proyek penelitian penemuan kembali candi-candi yang masih terpendam. Undang arkeolog-arkeolog dunia untuk meneliti dan mencari lagi candi-candi yang masih bertebaran di balik tanah. Bukankah ini situs yang luar biasa?


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com