Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

RANU KUMBOLO PART 1 (KITA SATU, KITA SAMA)

wardiansyah
wardiansyah, pada 24 Sep. 2012, 8.38
di Blog


RANU KUMBOLO PART 1 (KITA SATU, KITA SAMA)

Yeeaayyy tercapai juga buat CAPER (CAtetan PERjalanan ) JAKARTA – SEMERU (RANU KUMBOLO – JAKARTA). Dari awal udah niat banget pengen buat ini Caper, ya walaupun tulisan gw engga seseru tulisan Raditya Dika dan lain sebagainya. Hehehe..
Perjalanan kami ini didasari oleh Kopdar Nasional Backpacker Indonesia (www.backpackerindonesia.com) yang memang sudah terjadwal sebelumnya. Kebetulan kami berdomisili di sekitar Jakarta jadi kami menyebutnya disini BPI Jakarta, bukan niat kami mengkotak-kotakkan tempat tinggal tapi ini semua hanya untuk mempermudah penyebutan identitas aja sih.
Meeting point kami semua di Stasiun Senen dan ada beberapa peserta lain juga yang ketemuan di Stasiun Kota Baru Malang, kenapa di Stasiun Senen? Ya karna kami berangkat menuju Malangnya menggunakan Kereta Api Matarmaja (cuma dengan tiket PP Rp.102.000) kita semua bisa menggila disepanjang perjalanan *murah meriah bukan*. Hahaha..
Ya namanya juga acara kaya gini pasti ada aja kendala yang menghampiri, beberapa rekan kami engga terangkut ke kereta karna berbagai macam alesan, salah satunya ada yang tidak membawa KTP asli, sedangkan PT. KAI menggunakan system boarding “kalo engga salah gitu tulisannya” Hihihi.. Next time kalo ada trip lagi, kita semua harus saling mengingatkan lagi betapa pentingnya KTP, amiinn.
Singkat cerita kami berangkat hari Jumat Tanggal 07 September 2012 sekitar pukul 14.05 Wib dengan total 37 peserta (insya allah bener totalnya) Hehehe.. Aungan mesin kereta pun sudah mulai bising terdengar, kencang tapi pasti kereta kami meluncur melewati beberapa stasiun didaerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan terakhir Jawa Timur. Gw pribadi engga terlalu inget distasiun mana aja itu kereta transit, yang gw inget cuma suara pedagang yang teriak-teriak “pecel mas pecel”, “nasi goreng anget nasi goreng anget”, “kopinya kopi, pop mie bakso anget” dan sayangnya engga ada penjual yang ngejual pacar, coba ada yang jual mungkin gw udah beli 3 “1 buat dikereta, 1 buat di rakum dan 1 lagi buat di kenalin ke orang tua gw” Hahaha.. *sudah agak menyimpang ini tulisan gw, maklum jomblo* *eh promosi deh tuh gw* Hahahaa.. Engga lebih dari harga limarebu rupiah rupiah kita bisa makan kenyang dikereta loh.
Setelah kurang lebih 19 jam perjalanan dikereta, kami pun tiba di Stasiun Kota Baru Malang hari Sabtu tanggal 08 September 2012 pukul 09.00 Wib, stasiun yang kita tunggu-tunggu. Sesampainya di Stasiun Kota Baru, kami pun bertemu dengan beberapa teman yang memang sudah ada lebih dulu di stasiun tersebut dan menunggu beberapa saat teman yang sedang melaju dengan kereta berikutnya. Tidak berselang lama, personil kami pun lengkap dan alhamdulilah dalam keadaan sehat wal afiat, amiinn ya robbal alamiinn *penulis islami* :D
Bersenda gurau kami lakukan bersama, cape sih tapi engga terasa kalo udah bareng-bareng gitu. Ngerokok, ngemil seadanya, dan gw sendiri manfaatin waktu itu buat mandi bareng Ainul Daratista (bukan nama sebenarnya) Hihihihi tapi beda kamar mandi loh kita.
Selesai urusan sewa menyewa angkot didepan Stasiun Kota Baru, kami pun berangkat menuju Pasar Tumpang via Kedaung (nyewa tenda dll dulu coy) dengan menggunakan 4 angkot dengan biaya sewa 10.000/orang, perjalanan menuju Pasar Tumpang sekitar 1 jam. Ngobrol diangkot, saling ceng-cengan (bahasa apapula itu) Hihihi engga terasa sudah sampailah kami di Pasar Tumpang.
Pasar Tumpang, pasar yang rame dan “kemurahan” para penjualnya. Kenapa “kemurahan”? Ya gimana engga murah, gw makan pake nasi pecel, kerupuk kulit diplastik, bakwan jagung 2 dan es teh manis cuma empatrebulimaratusrupiah, Kaget? Iyalah gw kaget, gw aja sampe berulang-ulang nanya harganya, eh jawabannya tetep sama *alhamdulilah kenyang* *makasih loh mba*. Selesai koordinasi soal truk, logistik dan lain sebagainya kami pun berangkat menuju Ranu Pane. Kalo engga salah kami bergabung dengan backpacker dari daerah lain, jadi kita satu truk bareng mereka. Seru? Pastilah seru, waktu tempuh 2 jam menuju Ranu Pane dari Pasar Tumpang terasa sangat singkat, ya walaupun kami gesek-gesekan berdirinya tapi kami tetap semangat “merdeka”. Hahahaa Satu persatu daerah kami lewati, dan betapa kagetnya kami (saya sih sebenernya) melihat keindahan Gunung Bromo dari kejauhan. Maha Besar Sang Pencipta atas ciptaan-Nya tersebut. Jalan terjal, kanan-kiri jurang, tanjakan maut, ah itu semua udah biasa bagi kami *rada sombong walaupun sempet mual-mual sedikit* Hehehe..
Ranu Pane, sampailah kami di Ranu Pane, engga pake lama para koordinator langsung mengurus semua kelengkapan baik itu biaya pendakian, surat sehat dari dokter dan identitas para pendaki. Selesai itu kami makan-makan bentar, nyobain itu yang namanya rawon dll tapi sayangnya disini harganya udah rada mahal *engga asiik ah pedagangnya* Hahahaa..
Mau tau kelanjutannya Caper nya, jangan lupa dibaca :

“RANU KUMBOLO PART 2 (KITA SATU, KITA SAMA)”


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

wardiansyah
wardiansyah
wardiansyah Jr.
pd. 3 Okt. 2012, 16.56

Iya mas, mas yg dimananya nih? kita ketemu engga? Hehehe

Suka 0
All malik Ha
All malik Ha
All malik Ha Newbie
pd. 26 Sep. 2012, 16.58

owh.. mas mbak yang kmren diranukumbolo itu backpacker dari jakarta,

Suka 0

© backpackerindonesia.com