Single Traveller: Jakarta-Yogyakarta-Gunung Semeru Part 2

Ferza Febrian
Ferza Febrian, pada 27 Sep. 2012, 17.04

......

Yak agak siangan dikit diputuskan untuk ke Kraton. Ngga perlu diceritain ngapain aja gue di Kraton pasti pada tau lah. Kraton tetaplah Kraton.

Akhirnya tiba saatnya untuk ketemuan sama tuan rumah (baca: temen-yang-kuliah-di-UGM). Aisyah!

Seperti biasa gue serahkan keputusan tempat ketemu ke dia. Selain dia yg tau bgt Jogja, selera dia ga jauh beda sama gue. Jadi gue percaya aja sama dia. Dia ngajak ketemuan di Raminten, Kotabaru. Tanpa bermaksud ngerepotin Aisyah buat nanya Raminten itu dimana, gue iya2 aja pas dia telfon dan ngajak ke Raminten.

Mati gue.

Disaat seperti ini Google Maps dirasakan penting setelah biasanya gue buat main2 doang. Ah, gie merasa beruntung bisa tau Google Maps. Gue langsung pilih menu direction ke Raminten. Ada! Nah diputuskan utk naik becak ke Raminten.
Sampe di Raminten.

Aisyah belom sampe. Gue shalat Ashar dulu di mesjid sekitar Raminten. Selesai shalat Aisyah ngabarin kalo udah sampe Raminten.

Gue kaget. Kaget.
Raminten itu agak gelap, pelayannya nyaris banci. Ngga paham lagi. Tapi....... Suasana dan interiornya itu ngejual bgt! Suasana Jawa kental, menunya superduper tradisional. Setelah ngobrol ngalor ngidul sm Aisyah dan Vinsca (anak Jakarta yg masih mikirin Jakarta di Jogja).

Aisyah ngajakin ke makan nasi goreng sapi di depan Stadion Kridosono. Ngga jauh dr Raminten.

Ninggalin Raminten.
Mereka (Aisyah & Vinsca) naik sepeda dan gue jalan kaki. Agak kejam sih.
Nasi goreng sapi di kridosono itu ramenya superduper. Murah. Enak Nasi gorengnya cepet bgt datengnya. Nikmat bgt Jogja ini yak.

Setelah dr Kridosono, ke Mirota Kampus (nama supermarket) buat nemenin Vinsca beli alat2 buat di kosannya.

Selesai belanja. Kita berpisah. Sedih (apasih)

Pukul 20:40
Jam yg salah buat balik ke hotel. Trans Jogja udah abis. Becak susah. Akhirnya sukses balik ke hotel jalan kaki. Jalan. Kaki.

Istirahat di hotel.

Bangun pagi langsung siap2 jalan lagi. Sekarang cari oleh2. Terutama buat nyokap yg udah gatau berapa kali sms nitip daster. Untuk pertama kalinya gue beli daster ter ter. Oleh2 udah dibeli semua. Gue sengaja beli oleh2 dikit. Soalnya ruang di tas gue terbatas, maklum nanti kan mau ke Semeru jadi pinter2 bawa beban di tas. Agak siangan gue Prambanan. Sendirian.

(skip ttg Prambanan)

Hari kedua di Jogja gue putuskan buat jalan cuma sampe maghrib aja. Soalnya harus istirahat karena kereta ke Malang gue jam 23:35. Jadi harus nyimpen tenaga gitu. Di hotel gue bongkar ulang isi tas. Gue masukin lagi sampe semua terasa nyaman pas gue bawa. Re-packing selesai.
Selesai shalat isya gue cuma nonton tv di hotel ngabisin waktu buat siap2 ke stasiun. Berat rasanya ninggalin Jogja. Jogja yg siap menerima setiap keluham warganya. Jogja yg tidak pernah bosan. Ah....

Ngga sadar gue bengong.

Gue sadar lagi dan balik nonton tv. Ngga terasa udah jam 10 aja. Gue pake tas carrier dan tas pinggang gue. Melihat sekeliling kamar apa ada yg ketinggalan. Setelah kamar dikunci gue langsung checkout. Menuju stasiun gue jalan kaki nelusurin jalan Malioboro. Masih ada sisa2 keriuhan orang2. Tukang becak beberapa udah tidur di becaknya. Pengamen masih nyanyi2 di lesehan. Entah didengar atau tidak.

Gue ke Indomaret buat beli Air putih dan roti tawar chocochip Sari Roti buat bekal di kereta. Berat rasanya jalan ke stasiun buat ninggalin Jogja. Namun kaki harus melangkah. Ada tujuan yg harus dicapai, Malang, Gunung Semeru.

Pukul 22:47
Stasiun Tugu waktu itu sepi. Gue udah siapin tiket dan KTP. Gue serahkan ke petugas verifikasi. Begitu selesai gue cuma ngangguk ga ngomong. Masih belum rela lepaskan langkah dari Jogja. Duduk di ruang tunggu sebelah Jalur 5. Perjalanan ke Malang gue naik kereta Malabar Ekspres. Perjalanan sekitar 7 jam ke Malang. Di belakang tempat duduk gue di ruang tunggu ada bule yg keliatannya nunggu Malabar Ekspres juga. Mereka keliatan capek.

Petugas stasiun ngumumin kalo penumpang Malabar Ekspres diminta siap2. Fiuh.. Gue hela napas...

Kereta dateng.

Setelah ke tempat duduk gue, ga pake basa basi langsung cari posisi enak. Liat keluar jendela buat nyender.
Sampai jumpa Jogja!

"Sengaja kuselesaikan masalahku setengah di Jogja agar setengah lagi kuserahkan kepada Gunung Semeru. Terima kasih setengah, Nis"