Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Pengalaman Goa Pindul-Borobudur

zay gie
zay gie, pada 1 Okt. 2012, 5.50
di Blog

Tidak terasa tanggal keberangkatan yang tertera dari tiket ekonomi Progo jurusan Jakarta-Jogjakarta (35000), sudah memasuki hari H, dan itu artinya petualangan baru lagi akan segera dimulai. Berbekal informasi dari internet dan forum backpacker indonesia, kami berdua memulai perjalanan pada pukul 20:55 WIB dari stasiun senen untuk menuju Goa Pindul dan Borobudur.

Pukul 07:00 WIB kereta sudah berhenti di Stasiun Lempuyangan Jogjakarta, setelah melewati berbagai stasiun dan sulitnya memejamkan mata di kereta. Tiba di Jogja langkah kaki di mulai dengan menelusuri pinggiran Jogja menuju Malioboro dengan jalan kaki, cukup dekat jarak antara Stasiun Lempuyangan dan Malioboro ini, jadi Backpackers tidak perlu naik becak atau naik ojek. Rutenya pun cukup mudah, setelah keluar dari stasiun Lempuyangan, ambil jalur kiri dan lurus aja kemudian setelah melewati pertigaan ambil kanan dan menelusuri gang, atau anda bisa tanya-tanya sama warga setempat. Untuk yang lapar dan ingin sarapan, ada sarapan gudeg murah disekitar jalan sebelum mencapai Malioboro, harganya murah cuma 7000.

Sampai di Malioboro, kami tidak menghabiskan waktu banyak untuk menuju Goa Pindul di Wonosari. Berbekal informasi dari tanya-tanya di seputaran Malioboro, kami mulai naik bus Patas 4 menuju pemberhentian yang akan menuju Wonosari yang dikenakan biaya Rp 3000, kemudian dilanjutkan naik mobil Wonosari Rp 8000 sampai desa Bejiharjo. Dari desa Bejiharjo semua orang sudah mengetahui tempat wisata Goa Pindul ini. Setelah sampai desa Bejiharjo perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik ojek atau naik angkot, perjalanan dari tempat berhenti ini menuju tempat wisata cukup jauh. Biaya anik ojek dikenakan Rp 35000 pulang pergi.

Pukul 10:00 WIB kami tiba di Goa pindul, setelah melewati registrasi pendaftaran senilai Rp 30000. kami memulai mengarungi Goa Pantai yang indah yang memiliki panjang sekitar 350 M dan lebar 6 M. Ada 3 fase dalam goa ini yaitu Zona Terang, Zona Remang-remang dan Zona Gelap.

Keindahan Goa Pindul semakin terasa, ketika kaki mulai turun ke dalam air dan mulai mengarungi dengan Balon Ban dan baju pelampung yang sudah disediakan, lebih enaknya lagi kita juga akan dipandu oleh Guide yang senantiasa akan menceritakan setiap detail dari Goa ini. Memasuki Goa mata mulai tertuju ke langit-langit yang banyak ditempati oleh kelelewar yang bergelantungan.
Dalam Goa ini juga terdapat batu yang bisa berbunyi seperti Gong jika di Pukul. Tepat pada bagian tengah Goa terdapat cahaya yang masuk dari atas Goa yang berlubang, sehingga menjadi suasana semkain indah dan dijadikan tempat untuk berfoto dan berenang oleh semua pengunjung.

Puas menelusuri Goa, kami mulai membersihkan diri dan mulai melanjutkan perjalanan kembali menuju Magelang. Dengan di anter ojek sampai perlintasan Mobil menuju Jogja, kami mulai naik mobil Wonosari-Jogja Rp 6000 dan dianter sampai terminal Jogja. Sampai terminal Jogja perjalanan dilanjutkan dengan bus Jurusan Magelang Rp. 8000. Sampai diterminal Magelang Perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkutan yang langsung menuju terminal Borobudur Rp 5000 dan bisa dilanjutkan jalan kaki dari terminal itu.

Sampai dikawasan Borobudur yang sudah menjelang malam, kami memutuskan mencari penginapan dan akhirnya berhasil mendapatkan harga yang murah mulai dari Rp 100 ribu dan sangat cocok untuk backpacker,namanya penginapanya adalah Lotus yang terletak persis di depan pintu masuk Borobudur. Jika kebetulan nanti anda menginap disini, jangan lupa mencoba soto resah yang sudah terkenal kelezatannya dengan harga Rp 7000. Kami yang sudah berencana ingin mengejar sunrise dari atap Borobudur, memutuskan untuk beristirahat agar bisa bangun pada pukul 04:00 pagi.

Berisik bunyi Alarm membangunkan kami, setelah mandi dan shalat shubuh kami berlari mengejar waktu yang sudah menunjukkan pukul 04:30 WIB. Dengan langkah cepat kami tiba di Pos masuk, tetapi rasa kecewa muncul setelah melihat pintu masuk masih tutup dan tertulis buka pukul 06:00 WIB. Tidak puas dengan pengumuman itu, kami memutari semua pintu masuk dan berharap dapat keajaiban. Rasa senang sedikit muncul ketika tukang ojek memberitahukan bisa masuk dari pintu 7 melalui hotel manohara, tetapi tiket yang dikenakan seharga 250 ribu perorang dan itu cukup memberatkan kantong Backpacker. Akhirnya kami pun menunggu pintu masuk dibuka pada pukul 06:00 Wib karena waktu yang sudah semakin siang. Rasa kecewa tentu ada, tetapi lain waktu jika kesana lagi kami akan mencoba melalui penanjakan untuk melihat sunrise.

Ada keuntungan juga masuk Borobudur pagi-pagi sekali, karena cuaca yang masih segar dan tentu saja pengunjung yang masih sedikit dan memudahkan kami untuk memotret segala sudut dengan bebas. Tips untuk anda yang ingin beli Ole-ole di Borobudur, ada baiknya membeli setelah melewati tempat perbelanjaan atau pada bagian parkir, harganya beda jauh dari tempat perbelanjaan yang ada di dalam.
Puas foto-foto di Borobudur, pukul 12:00 kami kembali melanjutkan perjalanan menuju Jogjakarta dimulai dari terminal Borobudur menuju terminal Jombor (jogjakarta) Rp 6000. Sampai di Jombor dilanjutkan dengan Trans Jogja menuju Malioboro Rp 3000. Sampai di malioboro kami memutuskan makan pecel di depan beringharjo Rp 8000 dan membeli ole-ole.

Tepat pukul 17.00 WIB kereta sudah mengajak kami untuk kembali ke Jakarta. Pengalaman yang begitu luar biasa sepanjang perjalanan, mengajarkan banyak hal yang saya temui, salah satunya yang begitu menyesakkan dada, banyaknya penjual yang sudah tua, dan jalur wisata yang masih kurang perhatian yang serius dari Pemerintah. Jika semua birokrasi di Negeri ini terurus dengan baik dan jalur wisata dapat di akses dengan mudah, apa tidak mungkin wisatawan domestik atau luar akan semakin banyak. Marilah kesadaran kita mulai dari diri sendiri untuk terus memajukan tempat wisata di Negeri ini, dan tidak membuang sampah sembarangan. Salam Backpacker.

untuk lihat foto lengkap di http://ceritagie.blogspot.com/2012/10/goa-pindul-dan-borobudur.html


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Only iqiq
Only iqiq
Only iqiq Sr.
pd. 1 Nov. 2012, 16.23

Wew nice info nihh, , uda sering ke bener2 backpacker nihhh
Wajib di coba nihhh, , thanks infonya

Suka 0

© backpackerindonesia.com