Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Pilih Hostel atau Hotel?

Elly Silalahi
Elly Silalahi, pada 13 Agu 2014, 5.20
di Blog

Jalan-jalan ke Luar Negeri, terasa sangat menyenangkan, apalagi tiket promo sudah di tangan. Kebanyakan orang Indonesia booking Hostel karena harganya murah tapi begitu sampai di kamar langsung “shock”. Hmmm…bayangan mereka adalah kamar seperti di Hotel yang diisi 2 atau 3 orang. Akomodasi apa yang menjadi pilihan itu semua tergantung uang, waktu dan kebutuhan. Kata “Hotel” sudah banyak yang mengerti dan mebayangkan seperti apa. Tetapi kata “Hostel” masih banyak yang belum mengerti, apa itu Hostel.

Hostel adalah penginapan yang budget-oriented, akomodasi yang ramah untuk para tamu menyewa tempat tidur di asrama (dorm), dimana satu kamar berisi 6-8 orang, atau bahkan ada yang 20 orang dalam kamar yang besar, dengan share kamar mandi, lounge, dan kadang-kadang dapur. Kamar bisa dicampur atau satu jenis kelamin, meskipun kadang ada juga tersedia kamar pribadi. Sedangkan Hotel adalah penginapan yang disediakan dengan pembayaran jangka pendek, dengan fasilitas yang disediakan berdasarkan harga dasar kamar, penyimpanan untuk pakaian, fitur mewah seperti kamar mandi, bahkan hotel yang besar menyediakan fasilitas tambahan seperti kolam renang, pusat bisnis, penitipan anak dan layanan fungsi soasial lainnya seperti spa, gym, dll.

Hostel adalah budget-oriented atau istilahnya paket hemat, sedang Hotel adalah business-oriented, sehingga untuk fasilitas dan kenyamana Hotel lebih unggul. Namun bukan berarti tinggal di Hostel tidak nyaman. Hostel menjadi pilihan para backpacker, selain murah juga penghematan, bila berjalan sendiri tidak perlu booking satu kamar Hotel yang bisa diisi 2 orang, tetapi cukup booking satu tempat tidur saja.
Namun ada yang perlu di perhatikan, tempat tidur di Hostel biasanya tempat tidur tingkat, jadi bila punya badan besar dan gemuk, pikir-pikir dulu deh… karena siap-siap mendapat tempat tidur di atas, yang sudah tentu susah untuk naik turunnya, karena tempat tidur berdasarkan urutan kedatangan dalam kamar tersebut. Namun Hostel juga mempunyai Family Room yang bisa diisi 4 atau 5 orang, sehingga bagi keluarga atau teman terasa nyaman dalam satu kamar bersama-sama, tentunya tetap dengan ada satu tempat tidur bertingkat. Ada juga Hostel mempunyai kamar yang thematic, seperti tempat tidur seperti di penjara atau di kapal, bahkan ada juga tempat tidur seperti kapsul yang tentunya ratenya tidak murah, karena kesan yang tertinggal jadikan sensasi yang beda.

Bila berpergian dengan pasangan, baik itu pacar atau suami istri, atau membawa anak batita atau balita, dan dalam jangka waktu yang pendek, maka Hotel adalah pilihan yang tepat. Namun bila bepergian lebih dari 2 hari, bersama keluarga atau teman, atau sendirian, serta berharap low-cost maka Hostel bisa menjadi pilihan.

Tips-tips memilih Hostel:

1. Carilah Hostel dengan lokasi tengah kota atau dekat dengan tujuan utama, dengan demikian untuk pergi dan pulang dari dan ke Hostel tidak terlalu jauh, juga tidak perlu pindah-pindah jalur, selain hemat waktu juga hemat dana bila terpaksa menggunakan taxi.

2. Carilah Hostel yang mudah transportasi ke Airport setempat, bukan masalah soal dekat, tapi yang mudah sehingga tidak tenteng menenteng tas atau koper bawaan, apalagi mau pulang so pasti …tentengan jadi banyak karena belanja.

3. Carilah Hostel yang dekat dengan stasiun kereta dan halte bus, sehingga mudah dicapai dengan jalan kaki saja.

4. Carilah Hostel yang mempunyai fasilitas wifi baik di ruang terbuka atau di kamar. Ini penting karena internet menjadi kebutuhan bila tidak punya SIM Cards setempat untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman di Indonesia. Beberapa Hotel atau Hostel hanya menyediakan internet hanya di ruang terbuka tetapi berbayar di kamar.

5. Carilah Hostel yang menyediakan breakfast atau sarapan pagi, karena selain penghematan juga kita tidak perlu susah-susah cari makanan setelah bangun tidur. Tapi eitttss tunggu dulu, jangan mebayangkan sepiring nasi goring atau nasi rames, biasanya adalah breakfast ala Amerika, yaitu roti dengan the/kopi, ada juga ditambah telor rebus dan buah. Biasanya orang Indonesia bukan sarapan kalau tidak makan nasi “nggak nendang”.

6. Carilah Hostel yang mempunyai fasilitas dapur, karena bila membawa keluarga, fasilitas dapur ini sangat membantu dan hemat untuk buat sarapan pagi atau makan malam, karena bisa membawa indomie, sarden, kornet atau makanan kemasan bakso atau sosis. Karena biasanya Hostel menyediakan lemari pendingin untuk menyimpan makanan tamu.

7. Carilah Hostel yang menyediakan laudry, apalagi menginap lebih dari 2 hari, maka sudah pasti akan banyak baju kotor, banyak Hostel menyediakan fasilitas ini untuk memudahkan tamu apabila menginap dalam jangka lama dengan semua itu gratis.

8. Carilah Hostel yang rekomended Bagus atau nilai diatas 7 yang ada di Agoda atau website booking hostel lainnya. Karena dari ulasan tamu yang pernah menginap kita bisa tahu kondisi Hostel tersebut.

9. Khusus untuk wanita, cari yang ada female room, sehingga tidak kaget bila tiba-tiba ada masuk tamu laki-laki ke kamar yang mix room. Tamu dalam kamar di Hostel biasanya dari berbagai Negara, dan tidak saling mengenal. Namun seorang backpacker, biasanya cukup ramah dan kadang mau berkenalan dan bercerita tentang pengalamannya di Negara tersebut. Tidak jarang persahabatan terjadi dalam satu kamar di Hostel selain berbagi nomor kontak juga bisa saling mengunjungi.

10. Jangan lupa ajak penulis kalau mau jalan-jalan…(hehehe ini becanda…tapi siapa ga mau kalau gratis ya….)

http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2014/08/13/pilih-hostel-atau-hotel-679841.html


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Adityaiw
Adityaiw
Adityaiw Sr.
pd. 14 Agu 2014, 18.01

kalo ngtrip tah biasanya aku pilih hostel atau losmen, biasanya penjaganya friendly banget sih, trus yang nginep di situ juga bisa di ajak ngobrol gak cuek

Suka 0

© backpackerindonesia.com