Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Tanya akomodasi untuk di eropa

wiradharma
wiradharma, pada 14 Agu 2014, 16.35
di Tanya & Jawab

Hi,
saya bersama beberapa teman (10 orang) berencana untuk melakukan backpacker ke beberapa negara di eropa selama kurang lebih 2 minggu pada 19 september-2 oktober 2014. Kami berencana berangkat dari lebanon menuju roma dan stay disana smp tgl 26 september selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke belanda dan beberapa negara lain seperti belgia, perancis dan jerman. Bila ada rekan yang sudah pernah kesana mohon pencerahannya karena kami benar-benar newbie dan tak tahu sama sekali tentang akomodasi disana. kami berencana menggunakan jalur darat dengan memanfaatkan pinjaman mobil dari rekan yang ada di kbri roma dan denhaag.
Terimakasih untuk pencerahannya, bila ada rekan yang mau bergabung silakan PM and we can share the trip together
:bye:


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

wiradharma
wiradharma
wiradharma Newbie
pd. 19 Agu 2014, 22.01

Terima kasih untuk pencerahan nya mas Handayanto, benar2 mencerahkan bagi kami yg awam ttg Eropa

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 16 Agu 2014, 15.25

>Mengunjungi negara Eropa, budget akomodasi adalah sesuatu yang mahal.
Lagian di negara-negara Eropa Barat yang duitnya memakai Pound dan Euro. Hotel murah di London sekitar -+ £ 100-200/mlm. Di Perancis, Belanda dan Jerman juga harga hotel sangat mahal dan gak terjangkau untuk backpackers. Oleh karena itu hostel dan B & B (Bed and Breakfast) menjadi pilihan para backpackers....
>Hostel yang bagus adalah Youth Hostel Association (YHA). Di setiap kota besar di Eropa biasanya akan ada sebuah YHA. Kalau memilih YHA tarifnya masih agak mahal dikit dibandingin independence hostel yang lain. misalnya menginap di YHA Faro di Portugal, Jenewa dan Bern di Swiss, Dublin di Republik Irlandia, Amsterdam di Belanda, Wellington dan di beberapa kota seluruh Inggris.
YHA memberi prioritas kepada pemegang kartu keanggotaannya (spt membership cardholder) ketika memesan kamar atau bed. Untuk yang bukan anggota, hostel YHA akan mengenakan biaya tambahan € 4.00/malam. Untuk menghemat uang, disarankan membuat keanggotaan YHA di negara masing-masing. Biasanya setiap negara memiliki YHA sendiri dan kartu tersebut diakui dimana-mana termasuk hostel YHA di seluruh dunia. Selain itu ada banyak kelebihan memiliki kartu YHA seperti diskon 10% ketika memesan kamar dll.
>Pemesanan kamar dan bed hostel YHA bisa dilakukan secara online. Setiap YHA memiliki website masing-masing untuk memudahkan melakukan pemesanan.
Juga bisa melakukan pemesanan melalui website Hosteling International (HI). HI adalah merk untuk hostel YHA di 90 negara yang memiliki lebih 4.000 buah hostel. Gak smua youth hostel menggunakan nama YHA karena ada juga yang memakai nama lain seperti An Oige di Republik Irlandia dan Stayokay di Belanda. Untuk memudahkan semua youth hostel mereka dibawah satu payung yaitu dengan nama Hosteling International berlogo segitiga berwarna biru.
>Harga kamar atau bed berbeda sesuai negara dan lokasi hostel tersebut. Harga kamar lebih mahal dibandingkan harga bed. Harga bed di dalam sebuah dorm lebih murah karena ia memuat antara 8 sampai 20 buah bed. Harga untuk sebuah bed di YHA London misalnya sekitar £ 28/malam dan di negara-negara Eropa yang lain harga yang paling murah sekitar £ 14. Ada banyak fasilitas yang tersedia di hostel YHA-HI termasuk internet gratis, dapur untuk memasak, ruang untuk nonton televisi dan ruang permainan. Biasanya permainan yang tersedia seperti meja pool, table football dll. Kebanyakan hostel YHA-HI menyediakan sarapan pagi, dah include dengan harga pemesanan kamar atau bed.
Stayokay Rotterdam

logo Hosteling International

Jugendgastehaus Aasee Hosteling International, Jerman
(Alamat :Bismarckallee 31 , Munster, Germany)

Annecy Hosteling International,Perancis
(Alamat:4 Route du Semnoz,Annecy,France)
Dorm :$ 33.35
Tel. +33.4.50453319
Fax. +33.4.50527752
annecy@hifrance.org
40km->Geneva International Airport->130km Lyon-St Exupery International Airport-> 15km National Annecy->Meythet Airport

Leuven-De Blauwput Hosteling International,Belgia
(Alamat: Martelarenlaan 11A,Leuven,Belgium)
Tel. +32-16-639062
Fax. +32-16-639064
leuven@vjh.be

Sedikit info mengendarai mobil di eropa:
untuk mengemudikan mobil untuk masing-masing negara di Eropa memiliki prosedural sendiri yang dijadikan syarat umum seseorang diperbolehkan mengemudi kendaraan khususnya bagi warga pendatang. Kalau di Belgia, boleh menukarkan SIM mengemudi dengan SIM internasional hanya dengan membayar 15 euro plus menyerahkan 1 foto terbaru dan berlaku 1 tahun tetapi SIM indonesia ditahan oleh Gemeente (semacam balai kota) setempat. SIM tersebut boleh ditukarkan hanya bagi penduduk pendatang yang akan tinggal di negara Belgia lebih dari 3 bulan (memiliki surat ijin tinggal). Kalau di negara Belanda dan Jerman, peraturannya beda lagi dan lebih ketat yaitu dengan melakukan test dan sebagainya seperti kalau kita mencari SIM tanpa calo di Indonesia.
Negara eropa yang notabene memiliki peraturan lalu lintas yang berbeda dengan Indonesia. Selain itu posisi setirnyapun berbeda, yaitu di kiri.
Selain posisi setir dikiri, lajur jalanpun di eropa (kecuali Inggris) harus jalan di lajur kanan. Selain itu posisi reting dan wipper pun berubah sebaliknya. Dan ternyata, semua jalan keluar dari jalan tol di Eropa berada di sebelah kanan bukan kiri seperti yang diperkirakan dan bertulis “UITGANG” yang artinya pintu keluar.
di Eropa gak ada polisi yang nyemprit tetapi ada sensor yang mendata kendaraan kita apabila melanggar. Biasanya sensor tersebut dipasang di trafic light dan kawasan-kawasan yang terdapat rambu-rambu batas kecepatan. Misal, disuatu jalan terdapat rambu batas kecepatan 60 km/jam, maka semua kendaraan yang melewati sensor di area tersebut dengan kecepatan melebihi batas akan dikirimi surat tilang ke alamat masing-masing.

tot ziens!!!

Suka 0

© backpackerindonesia.com