Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

lestarikan alam kita!

ferdinandharma21
ferdinandharma21, pada 19 Agu 2014, 16.44
di Tanya & Jawab

Semula berawal dari perjalanan saya ke gunung anak krakatau sekitar tahun 2012. Tempat itu masih sangat indah dan nyaman untuk dikunjungi.

Yupp tepatnya lagoon cabe salah satu pulau dimana bnyak biota dan trumbu karang hidup. Waktu itu saya coba dive disana. Penampakan indah dari terumbu karang nan cantik dan berbagai macam ikan yg berwarna warni

Agustus 2014 untuk kedua kalinya saya trip kesana, berniat untuk melaksanakan upacara di atas gunung anak krakatau. Karna menurut saya, gunung itu sangat bersejarah. Dan menggemparkan dunia saat pertama ibunda dri krakatau meletus.

Selesai melakukan upacara, rindu akan menyelam dan melihat keindahan bawah laut di lagoon cabe mulai datang.tapi sampai di lagoon cabe, bukan terbalas rindu, justru malah tangis dalam hati yg saya liat. Bnyak sampah yg terlihat di atas permukaan laut,bnyak rombongan yg sedang berenang di lagoon cabe. Tapi tak seorang pun berniat untuk memungut sampah tersebut.

Saya coba terjun ke dalam air, ternyata terlihat bnyak jerit dan tangis dari para ikan dan trumbu karang. bnyak patahan patahan trumbu karang yg nampak jelas di permukaan. Bahkan ikan yg dulu saat pertama saya datang sangat bnyak, kini hanya tersisah beberapa jenis.seekor nemo pun tak terlihat di area ini. Sungguh sedih melihat keadaan ini. Bnyaknya wisatawan yg datang memang menjadi nilai positive. Tapi dari sekian bnyak wisatawan, merek Tidak sadar dengan apa yg mereka perbuat.menginjak karang sesuka mereka, membuang sampah sembarangan, menangkapi ikan dari habitatya. Sungguh miris melihat kondisi seperti ini! Ingin marah tapi tak tau ke siapa.

Cuma bisa mengingatkan. Untuk para guide dan agan agan sekalian yg membawa rombongan tolong selalu di ingatkan untuk selalu menjaga kelestarian alam kita. Jangan membuang sampah sembarangan!
Jangan juga menginjak terumbu karang yg ada. 1cm saja terumbu karang patah,butuh waktu bertahun tahun untuk kembali indah seperti semula. Kalau kejadian ini terus terjadi, terumbu karang di laut bakal terancam punah. Dan alam sudah tak indah lagi
Jadi tolong lestarikan dan budayakan rasa iba untuk menjaga alam kita agar tetap indah. :bye:


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 20 Agu 2014, 0.23

Suka 0

© backpackerindonesia.com