Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

KOREA - JAPAN WINTER 2015 : LATE JANUARY - EARLY FEBRUARY

Jessy
Jessy, pada 13 Sep. 2014, 20.58
di Cari teman jalan

Start: 22 Jan. 2015, 17.00

Halo, saya Jessica, umur 20 tahun, cewe. Ada niatan ke luar negeri untuk liburan ke Korea Selatan n Jepang. Untuk itinterary masih bisa dirembukin. Mau cewe mau cowo boleh ikut. Tapi yang pasti harus lebih banyakan cewenya. Target peserta minimal 4 orang (termasuk saya), maximal 6/7 (termasuk saya). ^^
Pesawat saya saranin AA biar murah. Yg mau beda juga boleh. Bisa ketemuan di Malaysia atau di negara tujuannya langsung (tapi ga nyaranin deh, drpd ga ketemua ntar? Malah berabe xD). Tanggal MASIH SANGAT BISA BERUBAH, karena saya sendiri belum beli tiket karena menunggu teman fix. LAMA LIBURANnya juga masih bisa berubah.
PENGURUSAN VISA :
Saya pribadi akan terbang dari Surabaya karena bulan Januari saya di rumah orang tua di Surabaya. Begitu pula dengan pengurusan visa, visa Jepang akan saya urus di Surabaya karena KTP saya beralamatkan Surabaya.
Setau saya, WNI bisa masuk ke Korea (dan beberapa Negara lainnya) dengan visa Jepang, tapi yang saya tidak tau apakah jika memakai e-passpor, ke Korea jadi tidak perlu visa juga. Sepertinya tidak, jadi sama aja (ada rugi-untungnya).
Kalo kita urus visa Jepang, kita g perlu urus visa Korea (kurang tau batasannya berapa hari, klo g slah max 30 hri). Kalo kita pakai e-passpor dan tinggal urus perizinan ke Jepang (bisa di Jepang max 14 hari), kita harus urus visa Korea. Correct me if I’m wrong.
Untuk pengurusan visa, jelas urus masing2, tapi kita bakal saling bantu beri info terbaru pastinya (kalau emang sudah niatan jalan bareng masa ga ditolongin? XD).
BIAYA, PENGINAPAN, TRANSPORT :
SHARE COST KOK untuk hal2 umum seperti penginapan, & cari yg murah aja (asal bersih), bisa dorm, bisa hostel. Bisa saya bookingin ntar.
Backpackeran juga okay. Semi-backpackeran LEBIH SIP lagi (karena gimana2pun juga lebih enak kalo ga tenteng2 barang selama jalan2 dalam kota). Jadi kalau ada yg mau bawa koper, silahkan, tapi jangan yang terlalu besar. Sepengetahuan saya, untuk backpacker, sangat mudah kok di negara sprti Jp n Kor karena banyak fasilitas menitip seperti locker.
Transport dalam kota bisa pakai bus, kereta, dan lain sebagainya.
KISARAN TIKET PESAWAT :
(AA – PROMO)
UNTUK AA MELALUI MALAYSIA KE KOREA (SEOUL) SEKITAR 3 JUTA ONLY.
UNTUK AA MELALUI MALAYSIA KE JEPANG (HANEDA, TOKYO) SEKITAR 3 JUTA ONLY JUGA.
Masih mau cari maskapai lain yg low cost, soalny ga enaknya AA ga tersedia Seoul menuju ke Tokyo langsung. Harus ke Malaysia lagi. Kalo ditotal bisa 12-15juta.
*UNTUK JAL (Japan AirLines) / KOREAN AIR DARI SEOUL KE TOKYO 3-4JUTA ONLY. Kalau pakai ini, menurut saya lebih hemat. Dr JKT - SEOUL sekitar 4 juta, dr TYO - JKT sekitar 3 juta. Jd jatuhnya lebih murah. Sekitar total 9-10juta.
*UNTUK VANILLA AIR, lebih murah lagi, SEKITAR 2-3JUTAAN.
=====o0o=====
Idealnya (dr sudut pandang saya) : Korea 7 hari, Jepang 10 hari.
ITINERARY KOREA
Untuk itinerary di Korea, jujur saya blm ad bayangan. Daripada nyari-nyari di inet, mending nunggu ada yg minat ikut fix dulu. Taunya pengin doang. Hehehe. Lebih bagus lagi kalau yang ikut bisa bahasa Korea / emang demen Korea jd bisa bantu cari destinasi2 / festival yg top!
ITINERARY JEPANG
(ASUMSI BERADA DI JEPANG TANGGAL 30)
January 30 2015 - Arrived at TOKYO
January 31 2015 - TOKYO
February 1 2015 - SHIRAKAWAGO (WINTER ILLUMINATION)
February 2 2015 - TAKAYAMA
February 3 2015 - NAGOYA >> KYOTO >> NAGOYA
February 4 2015 - OSAKA
February 5 2015 - OSAKA >> NARA >> OSAKA
February 6 2015 - TOKYO (GIBHLI MUSEUM, Shinjuku, Shibuya, sekitar)
February 7 2015 - FUJI (main Ski)
February 8 2015 - TOKYO DISNEYLAND / DISNEYSEA
February 9 2015 - TOKYO (DORAEMON MUSEUM, dll)
February 10 2015 - Back to INDONESIA (ke kota masing-masing)
* Untuk perjalanan pindah2 kota setelah dipikir2 tidak perlu pakai Japan Rail PASS (awal niatan ingin ke Fukuoka yang mana biaya one waynya mahal untuk naik kereta, makanya sangat perlu JRPASS, tp berhubung ga jadi kesana karena pertimbangan terlalu makan waktu, lebih baik pakai bus WILLER EXPRESS). Hitung2 beberapa hari kita g perlu lagi bayar uang penginapan karena kita akan bermalam di bus. Saya yang cewe udah pernah coba cara itu dan fine-fine aja. \o/
* Karena semi-backpacker, harap maklum ya, satu-dua hari pindah2 tempat penginapan. :v
* Itinerary belum fix, masi bisa diubah, tapi yg pasti ga bakal diubah besar-besaran... Itu udah saya perhitungkan lama perjalanannya, jd lumayan valid. Untuk itin detailnya bisa comment di bawah / PM saya, tapi untuk yg beneran niat aj y. /o\
* Untuk ke Shirakawago, memakai bus local yang dipandu oleh turis berbahasa Inggris, masa booking tour localnya sudah dibuka sejak 31 Oktober, jadi bagi yang niat segera kabari saya biar saya tahu mana yg minat serius mana yang tidak, setelah minimal 4 orang fix, kita booking langsung, takut kehabisan.
=====o0o=====
PERLU DIPERHATIKAN :
- Saya bukan tour leader! Saya hanya mencari teman trip bareng! Jadi tolong jangan mau tahu “jadi” doang, yang lebih mudah diurus sendiri-sendiri, ya urus sendiri-sendiri, yang lebih mudah diurus bersama-sama ya bersama-sama / diwakilkan.
- Sebisa mungkin memiliki credit card (entah punya sendiri / kerabat / keluarga) karena untuk memesan bus WILEREXPRESS dan bus local di Shirakawago. Saya sendiri pinjam punya nyokap, hehe, jadi ga bisa nampung pesanan traveler lain. Jadi pesannya kita samain kode keberangkatan, caranya nanti saya kasih tau. SAAT DI JEPANG, gak ada kebutuhan memakai visa kok. Untuk yang benar-benar ga ada, nanti bisa kita bantu, saya usahakan saya bisa tampung.
- Cuaca di Korea (Seoul) sangatlah dingin, berbeda dengan Jepang (Tokyo, Nagoya, Osaka) yang tidak terlalu dingin. Di Shirakawago dan daerah Fuji saja yang nantinya bakal sedingin suhu di Seoul. Saya sendiri antara takut-takut penasaran gimana gitu kalau selama 6/7 hari harus di tempat dingin yang dinginnya ga manusiawi bagi manusia sub-tropis kaya saya. Hahaha. Jadi please prepare your stuffs.
- Kalian cuma mau ke Korea? FINE. Kalian cuma mau ke Jepang aja? FINE. Kalian mau ikut full-trip? Sip banget. Kalian mau ikut Korea-Jp tapi pulang duluan karena tipis budget atau masa cuti? Sangat tidak masalah. Feel free to do whatever you want (saya bilang gini, karena banyak yg nanyain).
- Saya gak bisa bahasa Korea maupun Jepang, ini full jalan-jalan newbie yang mencoba teroganisir agar tetap sukses, gak wasting time!
- Trip ini bisa jadi terasa mahal / murah tergantung dari tiket pesawat yang dibeli. Tapi masih saya maklumi karena saya juga gak mau jalan-jalan sendiri, jadi beberapa kali lewat saya biarin aja, hiks. Dorm atau hostel 250ribu-600ribu/malam/orang. Bus antar-kota 400ribu-600ribu/orang/way. Makan 40ribu-80ribu/makan/orang. Kereta dalam kota sekitar 30ribu-90ribu/hari/orang. Bisa kalian estimasikan sendiri berapa. Setiap pakai bus di Jepang, artinya 1 malam kita pakai di bus (gak keluar biaya penginapan lagi).
- Saya punya plan B yang mana fine-fine aja kalau sampai akhir Nov ini gak ketemu teman ngetrip bareng. FYI, plan B-nya : Thailand-Hongkong-Jepang (kali aja ada yg minat ikut? Lol), ngebolang. Lalu kenapa gak plan B aja langsung? Ya karena awalnya niatan mau ke Korea, hahaha.
=====o0o=====
Peserta :
1. Saya sendiri
2. Maryam
Lalu ada sekitar 4 orang lagi tapi belum fix gimana @_@
Batas cari teman trip sampai akhir Nov, kalau gak ada y plan B :3
Yang tertarik bisa comment / PM. Saya ad BBM, WA, LINE (tapi WA saya suka error, so kalo bisa jangan lewat WA, kasi kontak yg lain).
Terima kasih. Gabung ya !! ^^


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

atuk dhani
atuk dhani
atuk dhani Newbie
pd. 29 Des. 2014, 10.26

hi jess...salam kenal... gw bru join di grup ini ... dan bru ngebaca post lu,... gw minat ne..kira" msh ad seat gk... invite ya bm gw 2B167AD6

Suka 0
bronte
bronte
bronte Jr.
pd. 28 Des. 2014, 21.44

saya udah ada tiket 29 Jan - 2 Feb via Haneda
mungkin kalo itin masih sama saya mau ikut bareng schedule tgl 31 jan & 1 feb nya.
boleh add pin saya 7621978c

thanx

Suka 0
Jessy
Jessy
Jessy Jr.
pd. 2 Des. 2014, 3.09

Hai, semua. Makasi yang udah tanya2, atau yg ga jelas sekalipun (lol), dan terutama yg dah fix mau ikut, trip ke Korea batal karena baru berdua aja (padahal kalo nambah 1 org lagi aja kami dah kompak langsung beli tiket haha). Untuk ke Jepangnya tetap jika gak ada halangan diluar kendali saya. Dan Korselnya kemungkinan besar diganti ke HK tanggal 26.

Besok postnya saya edit. Salam backpacker. ~ ~ /o/

Suka 0
Jessy
Jessy
Jessy Jr.
pd. 29 Nov. 2014, 1.12

Added :)

Suka 0
Miss Travelling
Miss Travelling
Miss Travelling Jr.
pd. 28 Nov. 2014, 18.59

Saya minat dong sist mau join korea japan or plan b hehe invite pin ya 27668799 or WA 089663715365

Suka 0
Jessy
Jessy
Jessy Jr.
pd. 23 Nov. 2014, 23.21

Up ~

Suka 0
ailurophilia
ailurophilia
ailurophilia Newbie
pd. 16 Nov. 2014, 14.19

ijin nyimak sis, cek PM ya :victory:

Suka 0
Jessy
Jessy
Jessy Jr.
pd. 16 Nov. 2014, 0.17

Isi postnya dah saya ubah dengan lebih detail dan rapi yah.. :)

Anyway, perkiraan berangkat tanggal 23 (mundur sehari) Januari, balik 10 Februari (mundur sehari juga).

Suka 0
Jessy
Jessy
Jessy Jr.
pd. 15 Nov. 2014, 22.10

Hai, Deeiyo. Iya, untuk Korea ga ada karena enakan rembukan sama yg fix aja. Sementara baru 1 temennya. Join yuk. ^^
Kalo serius bisa PM saya LINE / BBM kamu, thanks.

Suka 0
deeiyo
deeiyo
deeiyo Newbie
pd. 15 Nov. 2014, 13.45

Haii Jess slm kenal..
Tertarik deh..tp yg ke Koreanya aja..
blm ada itinnya yaa,klo sdh ada tlg Pm ya..thanks

Suka 0

© backpackerindonesia.com