Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Curahan hati backpacker low cost keabisan tiket kereta ekonomi

awandira
awandira, pada 2 Okt. 2014, 6.21
di Tanya & Jawab

Salam BPI :cry:

Numpang curhat ya semuanyaahhh.. lagi sedih T____T

Ane kan hampir tiap ahir tahun liburan ke jateng / jatim. Ane emang biasa planningin dari 3 bulan sebelumnya untuk rencana trip ahir tahun supaya dapet tiket KA eko, sewa mobil, dan homestay yg lebih murah drpda dadakan. KA eko seperti yang agan2 tau kan udeh bisa di pesen dari 90 hari sebelumnya.

Rencananya ahir tahun ini tgl 26 Desember ane mau start pendakian ke Argopuro. Berarti ane cari tiket tgl 25 Desember dari Pasar Senen ke Surabaya Gubeng. Sekarang, hari ini, tanggal 2 Oktober, ane cek tiket KA di situs2 penjualan KA buat tgl 25 Desember dong, masa kereta ke Surabaya Gubeng / Malang full booked gt untuk tgl keberangkatan 25 Desember nanti. Padahal baru juga bisa dipesen beberapa hari lalu kan ya. Sedihhh :cry:

Ane bikin perbandingannya dengan flashback pengalaman sendiri dalam memesan tiket KA: Tahun 2013 lalu ane masih bisa pesen tiket KA Gaya Baru Malam tujuan Surabaya Gubeng sekitar bulan November awal untuk keberangkatan 25 Desember. Dan tahun ini masih tgl 2 Oktober tp ane udeh keabisan tiket untuk keberangkatan 25 Desember.

:cry: :cry:

Apakah animo backpacker seperti kita2 ini sudah semakin meningkat ya gannn...


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

venessa agusta
venessa agusta
venessa agusta Jr.
pd. 8 Okt. 2014, 9.55

gan makanya pake aplikasi kereta api access di android or IOS.. soalnya ane pesen disitu ke jogja bln desember dapet kelas ekonomi.. btw skrg kereta udah gag subsidi tapi ane msh dapet sih berangkat ke jogja 50rb pulangnya januari udh gag di subsidi 2015 jadi kena 140rb hahaha lumayan lah...

Suka 0
Heriawan_yudi
Heriawan_yudi
Heriawan_yudi Pro.
pd. 4 Okt. 2014, 2.26

ane jg dulu gitu gan akhir mei kmaren kehabisan tiket ke sby. .tp ane ga nyerah gitu aja. .ane pantengin terus tuh web penjualan tiket online. .tiap ada waktu luang selalu buka tu web. .akhire setelah penuh perjuangan. .keringat dan air mata. .ada satu seat kosong hasil cancel an org. .langsung deh ane sikat hehehe. .saran sih sebelum janur kuning melengkung msh ada kesempatan bwt berharap dpt tiket cancel an hahaha

Suka 0
awandira
awandira
awandira Jr.
pd. 3 Okt. 2014, 15.04

ane kalah start for this year :cry: :cry:

terus ane naik apa yakk ke gubeng biar cepet. pesawat ajigile mehal. bis lama dan mahal juga kl momen natal tahun baru.

kira2 bakalan ada kereta tambahan ga ye gan??

info dong kira2 kereta tambahan itu kapan #wish

Suka 0
nde
nde
nde Pro.
pd. 3 Okt. 2014, 13.26

yap betul gan. tapi walaupun begitu, ane bertekad pulang dari jogja ngebis. membagi tiket kereta laah sama yang lain hehee

Suka 0
Andry Widyananto
Andry Widyananto
Andry Widyananto Jr.
pd. 3 Okt. 2014, 7.49

[quote=nde]ane nyengajain banget begadang tanggal 24 kemaren supaya pas pergantian hari, ane bisa booking tiket ke jogja tanggal 24 desember nanti. sepertinya sih yang bedain sekarang sistemnya gan, tapi mungkin juga yah makin banyak orang yang sadar untuk menikmati keindahan negeri kita ini. lagipula informasi juga sekarang mudah didapat di semua jenis media.

semangat, tahun depan begadang ya gan, hehe[/quote]

Sama, ane juga kmarin beli tiket tnggal 24 desember besok buat k jogja, pas pukul 00.00, itu pun dengan kerja keras karena server kereta api kadang down. :(
Menurut ane sih, kenapa kereta api begitu ramai, karena sistem transportasi murah yang lain terus merosot, (misalnya bus, waktu tempuh bisa sampai 2x dari kereta, gileeee), makanya kereta api mau gag mau bakalan menjadi primadona transportasi jarak jauh yang masih terjangkau para backpackerian. Walaupun tiap tahunnya harga tiket kereta api terus naik tiap tahunnya :(

Suka 0
nde
nde
nde Pro.
pd. 2 Okt. 2014, 16.48

ane nyengajain banget begadang tanggal 24 kemaren supaya pas pergantian hari, ane bisa booking tiket ke jogja tanggal 24 desember nanti. sepertinya sih yang bedain sekarang sistemnya gan, tapi mungkin juga yah makin banyak orang yang sadar untuk menikmati keindahan negeri kita ini. lagipula informasi juga sekarang mudah didapat di semua jenis media.

semangat, tahun depan begadang ya gan, hehe

Suka 0
Andrea94
Andrea94
Andrea94 Jr.
pd. 2 Okt. 2014, 14.48

Yang sabar ya gan, untung tiket eko matamarja udah di tangan :)) Untuk tanggal 26 des, kemaren beli tgl 27 sept jam 00.00. Lebih gesit lagi gan, krn peminat kereta api udh byk skrg apalagi itu peak seasson :D

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 4 Okt. 2014, 9.45

>Menjelang Natal dan Tahun Baru, biasanya tiket perjalanan kereta api dari Jakarta untuk tujuan Yogyakarta, Surabaya serta kota-kota lainnya telah habis terjual.....
>Seluruh tiket perjalanan kereta api yang habis terjual yakni untuk kelas ekonomi nonkomersial. Para calon penumpang sepertinya emang sengaja memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru untuk berlibur ke kampung halaman masing-masing.
>Kemudahan memesan tiket melalui sistem daring memberikan kemudahan bagi calon penumpang. Mereka pun bisa memesan tiket 90 hari sebelum jadwal keberangkatan.
>Ada sistem online di Stasiun Senen. Ditambah dengan penjualan di agen seperti Indomaret, Alfamart, kantor pos, dan beberapa tempat lain yang melayani 24 jam. Sedangkan pelayanan di stasiun kereta api baru dibuka pukul 07.00 hingga 19.00 WIB,
>Karena sistem itu, warga yang mengantre di stasiun kerap kali kehabisan tiket coz udah habis diborong dari yang beli di online.
>Untuk itu, agar bisa memanfaatkan sistem daring untuk membeli tiket. Disarankan untuk yang gak dapat tiket di stasiun agar bisa mengantre lewat agent, daring, supaya dapat tiket.
>Di Stasiun Jakarta Kota, beberapa penumpang mengaku kehabisan tiket kereta. Mis.di Indomaret tapi udah abis.
>strateginya coba deh beli tiket di Stasiun Senen. Pagi aj belinya di sana. Mudah-mudahan bisa dapet...
>Untuk menjamin kelancaran perjalanan sewaktu libur Natal dan Tahun Baru 2014, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops I nyediain 25.064 lembar tiket per hari.
>Tiket yang tersedia adalah untuk kelas eksekutif, bisnis maupun ekonomi di lima stasiun keberangkatan di Jabodetabek.
>PT KAI Daops I, nyediain tiket yang lebih banyak dibanding hari biasa.
>Selain itu, PT KAI juga akan menambah 11 kereta api (KA) tambahan dengan tujuan Malang, Solo, Surabaya, Cirebon, Bandung. Semua kereta tambahan itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur Natal dan tahun baru.
>PT KAI nyiapin 25.064 tiket untuk calon penumpang dan 11 KA tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2014.
>Tiket yang disediain udah disebar sesuai dengan jumlah kereta di stasiun keberangkatan seperti di Stasiun Gambir 24 KA, Senen 14 KA, Tanjungpriok 3 KA, Jakarta Kota 6 KA, dan Merak 1 KA.
>Dari lima stasiun tersebut, disediain tiket dengan jumlah yang berbeda. Untuk Stasiun Gambir tiketnya 8.972, Senen 9.090 tiket, Tanjungpriok 2.544 tiket, Jakarta Kota 3.850 tiket, dan Merak 608 tiket.

Suka 0

© backpackerindonesia.com