Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Satwa liar dan pantai perawan di Pulau Peucang

Pelatoki Adventure
Pelatoki Adventure, pada 30 Okt. 2012, 8.05
di Blog

Pulau Peucang terletak di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), provinsi Banten. Ya, kawasan ujung barat Pulau Jawa. TNUK ternyata tak hanya menyimpan badak bercula satu sebagai habitat aslinya, tapi juga meiliki pulau-pulau yang cantik luar biasa., salah satunya adalah Pulau Peucang. Pulau Peucang dapat ditempuh melalui jalur darat dari Jakarta selama 8 jam untuk sampai ke desa Taman Jaya terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan perjalanan laut menuju Pulau Peucang selama 3 jam.
Sesampainya di Pulau Peucang, mata akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa pantai berpasir putih, air laut berwarna toska dengan rombongan ikan-ikan berwarna putih berenang kesana kemari, pepohonan, dan keluarga babi hutan. Inilah sisi menarik dari Pulau Peucang, kita bisa berinteraksi langsung dengan satwa-satwa liar yang dilindungi seperti babi hutan, rusa, monyet, dan biawak. Keluarga babi hutan biasanya berjalan bersama mencari makan, mereka ramah dan takut pada manusia, kita pun dapat memberi mereka makan. Monyet-monyet tak mau kalah tentunya, tapi hati-hati karena monyet-monyet ini tak segan untuk merebut makanan kita. Pada sore hari, waktunya rusa-rusa betina berkumpul di padang rumput untuk merumput bersama, ada juga rusa jantan jinak yang bisa kita beri makan.
Tidak ada penduduk di pulau peucang, yang ada hanya para penjaga pulau. Tapi tak usah khawatir untuk penginapan, di Pulau Peucang sudah tersedia 3 macam jenis penginapan, dari mulai kelas barak hingga kelas hotel yang dinamakan “Flora”. Aktivitas yang bisa kita lakukan antara lain trekking hutan menuju karang copong untuk melihat karang dengan air laut yang jernih, menyebrang ke Pulau Jawa dan trekking hutan menuju Tanjung Layar untuk melihat bekas penjara jaman Belanda dan Samudera Hindia dengan bebatuan dan tebing membentang luas, trekking menuju Padang Cidaon untuk melihat langsung Banteng-banteng dan Burung Merak, dan tentunya berenang dan snorkeling di sekitar Pulau Peucang.

(COPYRIGHT, mohon untuk tidak memplagiat tulisan ini, silahkan share dengan mencantumkan nama penulis :) Stop Piracy! ;) )


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

andrysuryadi
andrysuryadi
andrysuryadi Newbie
pd. 10 Juli 2013, 10.57

Haii, salam kenal :)

Saya ada rencana mau ke Ujung Kulon, awalnya saya mau ikut open trip dari temen2 lain, tapi untuk di bulan Agustus sudah pada full, jadi saya mau bikin sendiri dengan teman2 saya.
Karena saya baru pertama kali bikin trip ini, dan referensi informasi no telp yang kurang dari internet mengenai Penginapan dan Transportasinya.

Mohon bantuannya boleh?

ada beberapa hal yang mau saya tanyakan.

Perkiraan Jumlah orang +/- 27 orang.

Adakah sewa perahu yang kapasitas penumpangnya maksimal 30 orang?
kalau punya no contactnya, boleh minta?

Trus untuk penginapan di P. Peucang, apakah ada referensi lain selain wisma bivak, flora, dan fauna. mungkin semacam homestay rumah penduduk di sana.

Mohon bantuanya yah.

Terima kasih banyak.

Suka 0
patong
patong
patong Newbie
pd. 31 Maret 2013, 20.01

wah jadi pengen kesana, ada foto2 yang bisa di share ga? penasaran ama pemandangannya...

Suka 0
run_run
run_run
run_run Hero
pd. 7 Maret 2013, 11.25

kakak..tulisannya menarik..saya mau bikin trip ke pulau peucang..izin copas tulisannya yah buat di share ke temen2 supaya tertarik untuk ikutan..sumbernya akan saya cantumkan..makasih.. :)

Suka 0
Pelatoki Adventure
Pelatoki Adventure
Pelatoki Adventure Newbie
pd. 18 Feb. 2013, 10.23

Saya sudah beberapa kali ke P. Peucang ini, ada yang awal tahun dan tengah tahun, pada dasarnya, ombak di P. Peucang ini relatif tenang walaupun sedang musim hujan, karena letak nya yang di apit oleh 2 pulau besar.. (P. Jawa dan P. Panaitan) tapi ada baiknya tetap kesana pada tengah tahun saja, agar lebih maksimal perjalanan nya :)

Disana saya tidak pernah camping, menginap di barak atau di Fauna dan Flora..

Suka 0
melia
melia
melia Newbie
pd. 25 Des. 2012, 16.33

Kalau malam taun baru disana rame ga? Naik gunungnya jauh ga karena aku lebih suka pantai dari pada nnaik gunung :)

Suka 0
Yobelien Ozera
Yobelien Ozera
Yobelien Ozera Pro.
pd. 19 Nov. 2012, 20.44

makasih banyak buat infonyaa..

Suka 0
travelicious
travelicious
travelicious Newbie
pd. 16 Nov. 2012, 11.12

ke pulau peucang bisa dijangkau dengan kapal nelayan, satu kapal biaya sewanya sekitar 2.5jt - 3.5 juta tergantung kapasitas...di pulau peucang tidak bisa tenda-an, karena disana ada homestay (ac/non ac) ada juga model barak.. di peucang tidak ada warung, semua bahan makanan dibawa sendiri... bulan bagus untuk ke TNUK ada lah maret - september..karena ombak sangat bersahabat..

info tentang menginap di pulau peucang bsia hubungi : 0813 8460 1000 atau pin bb 2571FA4D

Suka 0
mauline lucia
mauline lucia
mauline lucia Sr.
pd. 14 Nov. 2012, 15.21

Share dong gan cara mudah sampai ke pulau peucang...

Pengen bgt nih jln kesana :aselole:

Suka 0
Yobelien Ozera
Yobelien Ozera
Yobelien Ozera Pro.
pd. 14 Nov. 2012, 8.44

Wih.. Udah kebayang tuh kerennya Pulau peucang..
Mau nanya-nanya nih.. kemaren datengnya bulan apa ya??
Pantainya bagusnya bulan apa?? Trus disana camping apa pp??
Thanks before ;)

Suka 0

© backpackerindonesia.com