Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

(Ask) tranportasi ke Ijen

Mas Adhi
Mas Adhi, pada 2 Okt. 2014, 12.13
di Tanya & Jawab

Hallo sobat BPI salam kenal,

Ane mau tny nih sebenrnya kawah ijen itu objek wisata apa yh?

Liat postingan2 sih katanya kereeeenn bgt yh. :gaya:

Pengen ksn tp transportasinya gmn yh?

Mungkin para suhu ada yg tau, mouon pencerahanya yh
0:)

Trims before


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 4 Okt. 2014, 12.27

>Kawah Ijen, adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m.
Ijen merupakan satu komplek gunung berapi yang terdiri dari kawah gunung Ijen dan dataran tingginya. Kawasan ini terletak di tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar.
>Dari terminal bondowoso naik mobil elf turun di pertigaan gardu atak. Dari terminal bondowoso ada juga transport yg langsung ke Sempol, tp sangat terbatas jumlahnya.
>Dari pertigaan gardu atak naik mobil carry. Sopir udah langsung tanggap tujuan kita apakah ke gunung raung atau ke kawah ijen. Kalau mau ke kawah ijen, berhenti di pertigaan Sumber Gading kemudian naik mobil lagi ke Sempol kemudian dari Sempol lanjut lagi ke Paltuding sebagai tempat terakhir untuk mencapai kawah ijen. Angkutan dari Sumber Gading menuju Sempol relatif susah dan harus nunggu lama. Usahakan jangan terlalu sore sebab angkutannya tambah susah. Dari Sempol ke Paltuding bisa naik angkutan atau ojek. Alternatif lainnya bisa menumpang truk atau pickup sayur (kalau mau). Bisa juga naik ojek dari basecamp gunung raung di Sumberwringin untuk sampai Paltuding. Agak mahal emang tapi lebih cepet nyampenya dan gak dipusingkan dengan ganti-ganti transport.
>Atau dari banyuwangi naik angkutan ke Licin. Hampir sama seperti transport dari bondowoso, untuk menuju Licin angkutannya juga terbatas waktunya. Nyampe di Licin bisa numpang truk belerang yang me7 Paltuding untuk mengambil belerang. Truk belerang berangkat dari Licin 2 kali sehari pagi & siang hari. Bisa juag carter mobil dari pelabuhan ketapang banyuwangi.
>Paltuding merupakan titik awal untuk memulai perjalanan ke kawah ijen. Di Paltuding fasilitas wisata cukup tersedia dengan baik meskipun masih sederhana. Ada warung makan, penginapan, toilet umum juga musholla.
>Dari Paltuding harus jalan kaki selama kurang lebih 3 jam dengan jarak skitar 3 Km untuk sampe ke kawah ijen. Kebanyakan turis yang datang memulai perjalanan pada pagi hari antara jam 3 atau 4 pagi biar bisa melihat sunrise di kawah ijen.

Suka 0

© backpackerindonesia.com