Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

[WARNING] Scam berkedok posko medis di perbatasan Poipet, Kamboja

dysta_02
dysta_02, pada 8 Okt. 2014, 3.43
di Cari teman jalan

Start: 30 Sep. 2014, 17.00

Jadi gue baru balik dari Trip Indocina (bangkok, siem reap, phnom penh, saigon) dan disini gue mo sharing pengalaman jebakan scamming kemarin, yang aseli bikin emosi mendidih & naek darah jika inget hal itu lagi
sebelumnya gue udah tiap ari baca soal SCAMMING ALERT di perbatasan (border) Thailand - Kamboja, jadi gue sudah waspada luar dalem. Gue juga suruh 3 temen trip gue (kami cewe semua) agar aware & waspada, serta don't trust anybody!
rabu, 1 oktober 2014:
kami tiba di aranyapratet (kota terakhir di border) dari bangkok, via kereta kelas 3 jurusan bangkok - aran. Dari situ lanjut naik mini van ke border. Sampe sini aman lah yaa, kami udah waspada & siaga 1 soale.
masuk ke imigrasi Thailand juga aman, lancar dan langsung dapet cap tanda keluar dari negeri gajah itu. So kami lanjut capcuz ke border, dimana kami sudah langsung diserbu puluhan calo pelaku scamming yang menawarkan visa, taxi, tuktuk dll. Kami berempat (juga beberapa turis asing lain) yg sudah waspada pun langsung menolak dan said NO, THANKS.
sudah dong, kami jalan aja nyebrang jembatan yg menghubungkan thailand-kamboja itu, dan disinilah scamming kampret itu terjadi........
lewat jembatan, kami masuk ke gate KINGDOM OF CAMBODIA, dan tepat di dalam gate itu ada semacam posko kesehatan/medis, dengan 2 petugas wanita disitu sedang memeriksa setiap turis yg masuk. Jadi 1 petugas memeriksa anggota tubuh kita, dan 1 petugas lagi ngurusin form kita.
anehnya pas gue lewat gue nggak dipanggil, jadi gue cuek aja masuk melenggang bebas menuju imigrasi kamboja, yg jaraknya 5 menit setelah posko tsb. Gue baru stop & berhenti jalan setelah gue sadar 2 temen gue (diana & manda) nggak nongol batang idungnya, padahal dari awal kami berempat selalu kompak jalan barengan biar nggak terpisah/tertukar. Masa nanti akan ada sinetron berjudul Turis yang Tertukar, kan nggak lucu
gue panik dong nyari 2 temen gue yang cantik-cantik itu... gue dan temen yg atu lagi (naya) celingak celinguk nyari, tapi tetep aja nggak nongol mereka. Hingga akhirnya gue liat si manda lagi duduk di posko medis itu!!! Langsung gue samperin manda, dan rupanya ada diana di sampingnya, mereka lagi isi form disitu. Pas gue sampe gue juga disodorin form & disuruh isi, yasudah gue isi aja. Oya selain kami bertiga, disitu juga ada beberapa turis berwajah oriental entah jepang/korea yg juga sedang dicek anggota tubuhnya.
kelar isi form, jreeenggg..... kami dimintain duit USD 20 (IDR 240.000) untuk biaya cek kesehatan (medical check up)!!! Gue kaget dan protes (dlm bahasa inggris), apa-apaan ini, miss? kami dari indonesia, bebas visa, dan sudah diinformasikan soal tidak adanya biaya lain di imigrasi !!!
trus petugas senior yg bagian periksa kesehatan nimpalin gue pake nada tinggi, katanya: lu masuk negara orang harus diperiksa dulu dong! (in english, off course)
gue bales lagi, 20 dollar is bullsh1t! sambil gue balikin form yg tadi udah kami isi. Trus kami bertiga pergi dari posko sialan itu. Sedang turis entah jepang-entah korea itu cuma bengong melihat kami bisa pergi dari situ.
udah jelas kami turis indonesia bebas visa, kenapa ada acara periksa-periksa segala pake bayar USD 20? itu seharga tiket masuk angkor wat keleuuss....
kami pun capcuz masuk menuju kantor imigrasi Kamboja, sambil ngantri sambil melototin paspor para turis, untuk mastiin mereka nggak bawa form cek medis sialan itu. Dan emang mereka tidak ada form kesehatan yg dibawa di paspornya. Pas giliran kami berempat, kami cuma kasih paspor ke petugas, difoto dan cetak sidik jari, dan langsung distempel dengan cap imigrasi Kamboja!!! Artinya, kami TIDAK DIMINTAI FORM KESEHATAN ituuuuuu !!!
beuughh..... untung tadi kami langsung pergi dari posko kampret itu, dan menolak bayar usd 20. Ngapain juga orang di imigrasi nggak dimintain apa-apa kok, selain minta paspor kita.... Cuma kasian sama beberapa turis yg kena jebakan batman di posko scamming itu.
ohya posko itu berada di gate untuk turis free visa, alias turis yang negaranya bebas visa untuk masuk kamboja. Letaknya ada di sebelah kanan, tepat saat kita masuk gate. Kalo untuk yang di gate turis dengan visa gue nggak tau apakah ada posko itu juga atau nggak.... Jadi nanti pas masuk imigrasi kamboja kita dimasukkan ke salah satu gate: free visa atau with visa.
pokoknya jika kalian terjebak masuk ke posko medis ini, langsung aja angkat pantat dari situ, gak usah pake acara isi form yg disodorkan! Modusnya tuh kalo yg duduk/isi form udah rame orang, dia gak bakal manggil orang yg lewat lagi. Contohnya gue aja gak dipanggil pas gue lewat, makanya gue gak tau kalo 2 temen gue udah duduk terjebak disitu.
border thailand-kamboja emang paling rawan scam & penipuan, jadi kalian tetap waspada & selalu bilang NO jika ada yg nawarin macam-macam. Kalian harus masuk sendiri ke imigrasi, jika dikawal calo nanti bakal dimintain ongkos! Gue sih ogaahh dan nehi-nehi........
oya setelah keluar imigrasi kita harus nunggu shuttle bus gratis, menuju tourist center. Sekali lagi, kalian duduk manis aja nunggu bis itu, jangan mau diajak ngobrol para calo karena ujung2nya dia akan mengawalmu sampe lounge turis center dan minta duit!!! Trust me, I knew it !!!
beberapa turis yg waktu itu bareng kami sih gue liat juga cuek aja ama para mas-mas calo pelaku scamming itu. Semua tawaran mereka dicuekin dan para turis itu pergi sendiri ke shuttle bus gratis, tanpa dikawal calo kampret.
sekian cerita gue, semoga membantu teman-teman yg akan melakukan kunjungan ke thailand-kamboja via darat seperti gue kemarin... thanks...
PS: gue nggak sempat motret selama di border & kantor imigrasi, karena panaasss banget dan sedang fokus waspada ngadepin scamming.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com