Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Backpacker Dieng Plateau

ap_adhinata
ap_adhinata, pada 8 Okt. 2014, 11.53
di Blog


1 Mei 2014
Dieng Plateu. Wonosobo
Central Java
#backpacker #traveller

Sebelumnya blogger mau share rincian budget ke Dieng ala backpacker .

Tiket Bus Tasik - Wonosobo = Rp. 42.000
Tiket angkot Wonosobo - Dieng = Rp. 15.000
Sewa Homestay = Rp. 50.000/orang
Tiket masuk = Rp. 40.000 (untuk 4 tempat wisata favorit)
Transport pulang = Rp. 60.000
Total = Rp. 207.000

Itu kalo sobat mau pake Bis, kalo blogger kebetulan pake motor, soalnya sekalian pengen jalan-jalan di wonosobo plus biar tau juga jalan di daerah tengah Jawa. Untuk biaya nya lebih boros pake motor, tapi kita jadi lebih bisa nikmatin jalan. Soalnya pemandangan jalan menuju Dieng sayang banget kalo dinikmatin pake Bis, soalnya ga bisa ngerasain sensasi dingin nya pegunungan.
Dataran Tinggi Dieng merupakan dataran yang dikepung oleh gunung-gunung, konon dataran ini adalah bekas letusan gunung yang kemudian meninggalkan bentuk dataran dan menjadi tempat tinggal masyarakat yang mayoritas adalah pengusaha pertanian. Dataran Tinggi Dieng termasuk dalam Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.Pusat pariwisata ada di Desa Dieng yang memiliki ketinggian ±2500 di atas permukaan laut. Hawa dingin menusuk terutama di musim kemarau antara bulan Juli-Agustus, bisa turun mencapai 10 derajat celsius.
Ini tempat-tempat asik yang kita kunjungin sewaktu di Dieng sob :

1. Sumur Jalatunda
Konon ini sumur yang dibikin waktu Zaman Majapahit. Diameter nya gede banget. Kayanya ini sumur yang paling gede yang pernah blogger liat sob. Hawanya mistis, serem trus bau ga enak udah lagsung ngucapin selamet dateng pas kita sampe sana.

2. Kawah Sileri

3. Kawah Candradimuka

4. Telaga Pengilon & Telaga Warna
Telaga yang lumayan terkenal se-Asia sob. Telaga Pengilon warna air nya kuning sedangkan telaga warna punya warna air ijo toska. Dalem telaga warna kita bisa liat Batu tulis, itu tempat Mahapatih Gajah Mada ngucapin sumpah Palapa sob. Ada 3 Gua yang mistis banget yang biasa dipake tirakat sama orang-orang besar jaman doeloe, ya kaya Presiden Sukarno,Soeharto ma orang-orang lain yang berkepentingan khusus.
Di telaga warna katanya ga ada makhluk hidup air yang diem disitu, soalnya kadar belerang nya tinggi banget. Suasana telaga warna cukup lah buat kita melepas lelah sambil nikmatin rujak Dieng ma jagung bakarnya.

Telaga Warna
5. Bukit Pandang
Bukit Pandang ini bukit di antara dua Telaga yang blogger share td. Dari atas sini kita bisa liat jelas keindahan telaga warna ma tempat lainnya di Dieng. Kita juga bisa liat kawasan wisata alam Dataran tinggi Dieng.
Tiket masuk nya murah ko cuma Rp. 3.000 aja. kalo kesana kita musti ekstra hati-hati, apalagi kalo mau hunting photo dengan view yang pas. soalnya terjal banget. Salah langkah kita bisa jatoh dr atas bukit sob.

Bukit Pandang
6. Kawah Sikidang
Satu lagi pesona Dieng yang terkenal ampe ke luar negeri, Kawah sikidang. Gatau kawah dari gunung apa yang jelas semua mata air kawah nya punya suhu diatas 100 derajat celcius dan masih aktiv sob. Kawah utamanya lumayan gede dan banyak anak kawah yang nyebar dimana-mana.

Kawah Sikidang
7. Candi Arjuna
Ada candi diatas awan, ya cuma di Dieng sob. Candi Arjuna merupakan bangunan sejarah yang masih komplit sama artefak-artefak kunonya, tempatnya asri, nyaman, sejuk juga. Pas banget kalo kita kesini sore-sore. Sanbil makan kentang goreng khas dieng plus Kopi item.
Ni tempat banyak dikunjungin ma turis asing, gak tau kenapa. Mungkin karena tempat nya unik dan juga bersih. HTM nya juga murah ko, cuma Rp. 10.000,- .

Kawah Arjuna
8. Gunung Sikunir
Jam set 4 pagi, kita hiking ke gunung sikunir. Warga sini bilang sunrise nya lagi bagus dan ada hotspot bagus di atas gunung sikunir. Pagi buta kita naik kesana sambil mata sepet sob. Emang iya sih dari sini deretan gunung jawa keliatan jelas. Semeru, Merapi, Bromo keliatan jelas banget. Cuma sayang awan nya lagi banyak ampe nutupin matahari pagi nya. Jadi Sunrise yang kita liat ga full.

Puncak MT. Sikunir
Kita juga ga lupa buat wisata kuliner khas Dieng, ada Mie Ongklok, Nasi kucing Dieng, dll. Kita juga beli oleh-oleh khas nya Dieng. Kaya manisan Carica ma olahan dari Ubu biru yang cuma tumbuh di Dieng.
Pulangnya kita ngambil jalur Wonosobo. Soalnya kita baru tau kalo ternyata jalur itu yang jaraknya lebih deket sob. Selisih sejam lah kira-kira kalo dibanding sama jalur pemberangkatan.
Nah itu backpacker murah tapi ga murahan yang bisa blogger share. Intinya yang penting dibawa happy aja, asal nyampe ke tempat tujuan dengan selamet, dapet foto yg bagus-bagus, pengalaman yang seru, itu baru namanya backpacker.
Mau seneng ga perlu mahal sob !!

Check it : adhinatastories.blogspot.com


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com