Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

20 Tips Perjalanan Ala Backpacker

hanny chaerunnisa
hanny chaerunnisa, pada 5 Nov. 2014, 14.19
di Blog

Membuat perencanaan perjalanan

Dalam melakukan perjalanan ada baiknya kita membuat beberapa perencanaan, seperti kemana kita akan melakukan perjalanan, tempat mana ajah yang ingin dikunjungin, berapa biayanya, dimana akan mengingap, jadwal acara selama kita melakukan perjalanan, apa aja yang perlu dibawa. Semuanya perlu diperhatikan, ribet memang tapi ini penting terutama buat pemula dan terlebih lagi jika kita ingin pergi yang belum pernah kita kunjungin. Maka kita perlu membekali diri dengan mencari info yang menunjang perencanaan perjalanan kita. Kalau perginya rombongan, ada baiknya membuat list pengen pergi kemana ajah, setelah itu kerucutkan tempat yang akan dikunjungin dikondisikan dengan waktu dan budget yang dimiliki, hal ini agar perjalanan yang dilakukan dapat optimal dengan waktu dan budget yang terbatas.

Mengingatkan teman seperjalanan

Sebelum perjalanan dimulai pada hari H, jangan lupa saling mengingatkan teman rombongan tentang apa ajah yang perlu dipersiapkan dan dibawa, hal ini mencegah kalau temannya ga punya atau lupa bawa atau ketinggalan bisa dihandle ama yang lain. Contoh ada teman yang lupa bawa logistik, maka dia bisa nitip ketemannya.

Tidak boleh mengeluh awal perjalanan

Dalam backpacking, kita mesti siap ama kondisi perjalanan seprti akan melakukan jalan jauh, naik elep tanpa ac, mesti berdesak-desakan dibusway dengan tas yang super berat. tapi backpacker sejati tidak boleh mengeluh, tetap jalanin dengan enjoy. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat.

Sabar dalam menunggu

Tidak selamanya target waktu yang ditentukan berjalan mulus, terkadang kita mesti menunggu berjam-jam kendaraan yang mengantarkan ke tempat tujuan, backpacker sejati ga boleh manja, mesti sabar walau lelah mulai menghampiri, ngedeprok dilantai bahkan ditanah bukanlah sesuatu yang aneh dalam menunggu.

Beristirahat

Dalam backpacking akan ada banyak waktu yang digunakan dengan berjalan kaki atau gonta ganti kendaraan, ketika ada waktu luang gunakanlah untuk istirahat hal ini mencegah agar tidak kelelahan pada saat melakukan backpacking, ga lucu kan lagi jalan-jalan masa sakit.

Bersyukur tempat tujuan

Selelah apapun awal perjalanan dan selama apapun awal perjalanan maka bersyukurlah ketika sampai ditempat tujuan, percaya atau tidak itu menambah kekuatan sendiri untuk menjelajahi tempat tujuan.

Jangan melupakan makan pagi

Sekalinya pengen ngirit, tapi ga merapel makan pagi ama siang juga kali, makan pagi itu penting buat energi yang akan terkuras selama backpacking. Kita masih bisa koq makan pagi dengan murah meriah, tipsnya jangan malu bertanya pada pedagangnya sebelum memesan, kalau harganya bersahabat buat backpacker ya lanjut hehe..

Dimanapun jangan lupa sholat

Ketika berada dipersimpangan jalan antara surga dan neraka maka pilih surga, dikutip dari ucapan teman “hidup mati ga ada yang tau, kalau kita jalan-jalan dulu trus meninggal kan sayang ga ke Surga (masjid) duluan”

Tetap stay cool walau makan makanan aneh

Ga selamanya dalam urusan makan beruntung, terkadang ada makan yang kemahalan, makanannya ga enak, bahkan ada makanan ayam tiren. Tetap stay cool ajah, walaupun rasanya ga enak setidaknya bersyukur masih bisa makan.

Banyak tanya

Kalau berpergian ketempat yang baru pertama kali, jangan pernah sekali-kali pasang muka bingung, sebab itu dapat mengundang kejahatan karena akan keliatan orang pendatang so stay cool ajah biar keliatan tau daerah itu, tapi jangan jadi orang sok tau juga, nyasar baru tau rasa lho! Bertanyalah pada orang sekitar dengan wajah yang tenang tanpa muka bingung.

Memanfaatkan diskon

Ini amat sangat jarang terjadi, tapi kalau kalian beruntung menemukan diskon so manfaatin, lumayan mengurangi budget yang seharusnya dikeluarkan.

Numpang menginap dirumah sodara teman

Numpang menginap dirumah sodara akan membawa keasikan tersendiri bagi backpacker, dimana dapat beristirahat dengan nyaman dan aman kita juga bisa dapat makan gratis hehe,,tapi dimanapun kamu menginap, tetap beres-beres rumah yang diinapinnya.

Jangan melewatkan kesempatan bila tidak ingin kecewa

Kalau backpacking sering kali kita dapat menemukan jajanan khas daerah itu, so cobalah karena dalam perjalanan ga akan terulang untuk kedua kalinya.

Jangan ragu masuk ke rumah makan

Terkadang banyak yang berpikiran backpacker itu makannya dipinggir jalan, di pedagang kaki lima, tapi ga juga jangan ragu masuk rumah makan, tapi untuk menghindar jonk kalau mau hemat liat daftar harganya.

Jangan nego ama urusan perut lapar

Apa rasanya setelah berjalan jauh, belum makan malam, udah hampir tengah malam, jalanan yang sepi, hanya nemuin tinggal beberapa tenda di depan rumah sakit, asumsi kalau biasanya makanan dekat rumah sakit mahal. Jangan banyak mikir deh, kalau kondisinya seperti itu makan ajah daripada sakit.

Nebeng bahkan sampai nyewa ambulans

Terkadang kita terjebak di daerah yang ga tau dimana, ga ada kendaraan umum, sudah tengah malam, hanya ada ojek 2 sedangkan yang backpacking lebih dari 5 orang, hanya ada ambulans, so jangan takut untuk menstop mobil yang lewat buat mencari tebengan atau menyewa ambulans haha.

Numpang dikosan teman

Numpang di kosan teman cara untuk mengurangi budget pengeluaran, numpang di kosan teman berbeda dengan numpang di rumah sodara teman, di sini kita akan merasakan kebersamaan tidur bareng dengan sederhana. Tips buat cewe-cewe berdoalah minta perlindungan Allah dari setan.

Patungan seberapa kecil yang dikeluarkan, akan besar manfaat buat perut

Kalau lagi backpacking, hapus kata individual, di sini kita merasakan susah dan senang bareng-bareng, saya selalu heran padahal yang dikumpulin ga seberapa tapi ketika dibelikan makanan, rasanya rejeki begitu berlimpah.

Jalan terus

Terkadang kita dihadapin oleh ga adanya angkutan kota dan ga adanya mobil yang bisa ditebengin, ya alternatif terakhir yaitu dengan jalan kaki. Jangan mengeluh backpacker sejati mesti punya semangat baik itu jalan disiang terik maupun malam hari.

Menambah teman kenalan

Salah satu yang paling asik dalam backpacking yaitu selain dapat pengalaman baru, bisa bertemu orang-orang baru, nambah kenalan baru, nambah ilmu. Saya adalah orang yang ga bisa basa basi, tapi kalau udah backpacking ajaibnya bisa SKSD ama orang yang ga kenal sekalipun. Sering backpacking dapat membuat beradaptasi dengan mudah.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com