Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Pesan sebelum nonton 5 CM

Ferza Febrian
Ferza Febrian, pada 22 Nov. 2012, 8.58
di Blog

Siapa yg ngga sabar nungguin film 5 CM?

Gue yakin ngga sedikit orang yg nungguin film 5 CM tersebut. Film 5 CM diadaptasi dari novel best seller yg berjudul sama. Banyak aspek yg membuat film ini ditunggu oleh banyak orang. Mulai dari nilai persahabatan yg amat sangat kental ditonjolkan di novelnya. Di novel, pembaca dibawa masuk ke sebuah persahabatan yg tentunya berdinamika. Termasuk kisah percintaannya. Aspek selanjutnya yaitu latar film ini. Mengambil latar Gunung Semeru secara utuh sebagai scene klimaks adalah pilihan yg mendekati sempurna. Sopo sing ora kenal Semeru?
Yg belum ke Semeru aja kesemsem sama deskripsi Semeru di novelnya, iya kan? Hehehe bagaimana pos Ranu Pani. Bagaimana trek bukit panjang. Indahnya Oro-oro Ombo. Mistis Cemoro Kandang lalu Kalimati serta Arcopodo. Sampai trek pasir menuju Mahameru dimana salah satu adegannya salah satu tokoh hampir meninggal (ups, maaf keceplosan hehe).

*hela nafas* Subhanallah

Ya memang seperti itulah Semeru bahkan jauh lebih indah dibandingkan deskripsi novel.

Entah kebetulan atau gimana. Saat gue ke Semeru awal bulan September disana sedang ada syuting 5 CM tapi udah ambil scene di Kalimati sedangkan gue lagi camp di Ranu Kumbolo. Oh iya, pada saat itu gue ngga tau 5 CM itu apa.

Lanjut ke film 5 CM ya...
Sebenernya ini suatu pemikiran brilian utk memfilmkan 5 CM dengan secara utuh mengambil scene di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tapi yg gue khawatirin sejak awal adalah nantinya banyak orang yg setelah menonton film 5 CM akan ramai-ramai menuju Semeru dengan minim pengalaman serta minim pembekalan survival maupun logistik. Emang sih efek positifnya semakin tingginya kecintaan terhadap Semeru. Tapi plis deh, di novelnyapun ngga dideskripsikan secara detail perlengkapan utk naik le Semeru. Jangan beranggapan kalo ke Semeru CUMA modal kebersamaan dan nekat. Kebersamaan emang penting tapi ujung-ujungnya celaka gimana? Kan kasian tau.

Jadi gue wanti-wanti dari sekarang ya teman-teman, nanti silahkan mengunjungi indahnya Semeru. Tapi inget, cari info sedetail mungkin lewat internet ataupun nanya yg udah pernah kesana juga boleh. Yg paling aman sih kesananya sama yg udah pernah aja.

Inget yaa, jangan sampai celaka gara-gara kebawa mainstream hehehe

Selamat mencoba!


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

almatubari
almatubari
almatubari Jr.
pd. 1 Jan. 2013, 23.14

ya namanya jga film,ya maaf,agak sedikit menipu dari kenyataannya. ya tapi kalau mau coba sendiri ya silahkan. ya alam ini bukan cuma milik pribadi,tpi milik bersama.siapapun boleh menikmatinya. tapi ya,pelajari dulu etika nya sebelum mendaki. salam lestari.

Suka 0
jicobakti
jicobakti
jicobakti Pro.
pd. 29 Des. 2012, 21.15

Bener banget kang. jangan terbawa mainstream film. emang di film keliatan gampang. Tapi lebih baik search di Internet sedetail mungkin sama tanya orang yang udah kesana.
Untuk meminimalisir sesuatu yang tidak di inginkan juga.

Suka 0
wardani ahmad
wardani ahmad
wardani ahmad Sr.
pd. 29 Des. 2012, 1.25

kl gw blg numero uno bwt visualisasi panorama semerunya, anglena dpt bgt.. berasa nntn film bwtan holywood ap lg pas ngmbl anglena dr udara keren abis.. :jempol: :jempol: :jempol: :jempol: :jempol:

Suka 0
magdalena
magdalena
magdalena Sr.
pd. 28 Des. 2012, 19.46

Kalau untuk membangkitkan semangat kecintaan pada keindahan negeri sendiri, ane bilang film ini berhasil.

Kalau sudah baca novelnya trus nonton film-nya ternyata ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan apa yang ane harapkan (hehe..mungkin eskpektasi ane terlalu tinggi ya? :D )

Cerita yang dibangun dari awal sudah bagus dan mampu mengajak penonton ikutan mengagumi keindahan Rakum dan Semeru cuman ane rada gimana gitu pas di akhir cerita tokoh ian bisa nikah sama Happy Salma :bingung:

Tapi ane tetep salut sama Om Donny Dirgantara yang sudah menuangkan keindahan Semeru dalam novelnya :victory: (ane belum tentu bisa kakyak gitu soalnya ;) )

PS: yang mau naik gunung (gunung mana aja deh), jangan lupa ya: safety first + be wise, kalau kondisi kita tidak memungkinkan jangan dipaksakan :victory: :aselole:

Suka 0
Rummy Nasrudin
Rummy Nasrudin
Rummy Nasrudin Jr.
pd. 27 Des. 2012, 20.20

setelah nonton 5 cm..
menurutku c itu filem yang bagus dari segi gambar aja
tapi bukan film yang keren...karena ceritanya kurang kuat kurang mengigit n kurang penjiwaanya, keliatan banget kalo pemainnya lagi pada acting
jadi bagi yang belum nonton silakan nonton dan menikmati indahnya alam semeru tanpa perlu susah mendaki.

Suka 0
bocah.bundar
bocah.bundar
bocah.bundar Pro.
pd. 26 Des. 2012, 15.59

setuju banget sama om TS ..
film suka berlebihan tuk memberikan efek dramatis tuk menarik penonton

:jempol:

Suka 0
wardani ahmad
wardani ahmad
wardani ahmad Sr.
pd. 26 Des. 2012, 14.44

sdkt kalimat yg slalu terngiang smpe detik ini hbs nntn 5cm, tp bener jg ap yg d blgin ma kawan kita ferza... apalg gunung yg mw di daki adl gunung tertinggi di pulau jawa tentunya butuh persiapan ekstra.. baik fisik, mental, logistik, pengetahuan medan dan kondisi.. tp kl bwt para pemula yg emg bner2 mw daki gn.semeru tp gmw repot bisa menggunakan jasa porter tp tentunya fisik jg hrus d persiapkan krn g mgknkan minta gendong ma porter dr ranu pane ke arcopodo hbs it mnta gendong lg k puncak... so.. indahnya negriku ini, tuhan bantu kami tuk menjaganya.. yang berani nyela indonesia ribut sama gw.. :jotos: (recomended film bwt kalian para backpacker)

Suka 0
mulya 'lennon' ramdany
mulya 'lennon' ramdany
mulya 'lennon' ramdany Newbie
pd. 26 Des. 2012, 9.38

ooh gt ye gan, ane pnasaran ma tu film, blm smpet nonton

Suka 0
hnfkzwnwt
hnfkzwnwt
hnfkzwnwt Jr.
pd. 27 Nov. 2012, 18.26

Ahhh gw mau banget nonton film itu
5cm
Film yang cocok buat gw...
tapi apa daya, sedang berada di pedalaman yang tiada bioskop :(

Suka 0
neldudz
neldudz
neldudz Jr.
pd. 24 Nov. 2012, 20.55

ane walopun blm baca novelnya, tapi kata tmn ane emg bagus bgt critanya 5cm...

makanya ga sabar nunggu tuh film... :malu:

yaaa...paling ngga akhirnya ada juga indonesian movie yang critanya bermutu dan berbobot...ga kayak film2 hantu ga jlas lainnya ... hedehhhh :capek:

Suka 0

© backpackerindonesia.com