Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Batu Beginde

mcaturnugraha
mcaturnugraha, pada 9 April 2015, 7.38
di Galeri

Jika kita hendak mengunjungi Pantai Penyabong yang ada di Belitung, maka kita akan menjumpai sebuah batu besar yang menjulang tinggi, batu ini bernama Batu Beginde. Dari cerita yang pernah saya dengar konon Batu Beginde ini adalah asal mula dari Pulau Belitung

http://www.backpangineer.com/2015/03/backpangineeran-ke-negeri-laskar_77.html


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

mcaturnugraha
mcaturnugraha
mcaturnugraha Sr.
pd. 13 April 2015, 12.00

Wah, makasih, bro
saya baru tau cerita yang kedua, soalnya dari sopir saya cuma cerita yang bagian Bali-Tong aja.

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 11 April 2015, 12.58

Jadi cerita yang melegenda asal-usul nama P. Belitung di tengah masyarakat yg ceritanya ntu berkaitan dengan pulau dewata, pada suatu masa dikarenakan oleh suatu sebab sebagian daratannya terpisah alias terpotong yang kemudian terapung dan hanyut terbawa oleh arus lautan.
Daratan yang terpisah ini kemudian mendapat nama Bali-Tong, yang berarti Bali Yang Terpotong. Lama-kelamaan penyebutannya berubah dari Belitong menjadi Belitung.
Cerita lain mengenai asal-usul Pulau Belitung nyebutin kalo nama Belitung berasal dari nama seorang raja di Jawa Timur yaitu, Belitung Uttunggade alias Rake Watakura Dyah Belitung alias Rake Sri Isyawara Keshawesat Ningga alias Rake Tatakura Dyah Belitung Syri Darmenodaya Mahasambu. Sejak masa pemerintahan kerajaan Mataram Kuno nama Belitung udah mulai dikenal dan tertulis dalam kitab yg berenama Nagara Kertagama. Kitab tersebut ditulis oleh seorang penyair Kerajaan Majapahit, yang bernama Empu Prapanca pada tahun 1365.
Lahirnya kitab ini bertujuan untuk menghormati Raja Hayam Wuruk.
Walaupun asal-usul nama Belitung memiliki sumber yang cukup banyak akan tapi sangat disayangkan gak ada yang bener2 nunjukin keterkaitan. Antara cerita tentang Bali-Tong gak lebih sebuah legenda yang sangat sulit pembuktiannya secara ilmiah.
Begitu jg dengan cerita2 yg laennya, yang al. menyatakan antara nama raja di Jawa Timur yaitu, Belitung Uttunggade dengan pulau Belitung, juga sulit untuk membuktikannya sebagai asal-usul nama pulau Belitung.

Suka 0

© backpackerindonesia.com