Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Kawah Ijen : antara Bondowoso dan Banyuwangi

nontjes
nontjes, pada 13 Des. 2012, 4.11
di Blog

Yup, minggu lalu akhirnya nyampe juga ke salahsatu destinasi domestik yang udah jadi inceran sejak awal taun 2012.

Bertepatan dengan event internasional Tour de Ijen yang dimulai tanggal 7-9 Desember via Banyuwangi, saya dan 2 orang teman juga memulai trip kami ke Ijen via Bondowoso.

Kawasan wisata Ijen sendiri masih jadi persengketaan 2 kabupaten: Bondowoso dan Banyuwangi.
Kalau merujuk dari peta jaman Belanda, katanya sih emang seharusnya masuk Kabupaten Banyuwangi.
Tapi akses ke Ijen sendiri lebih mudah lewat Bondowoso, terutama kalau trip kita mulai dari Barat (Surabaya). Selain itu pemandangan alam yang bakal kita lalui juga lebih indah jika mengambil jalur Bondowoso, karena melintasi kawasan hutan pinus dan perkebunan milik PTPN.

Jalur Banyuwangi sendiri, yang lebih jauh dan katanya kondisinya rusak, baru diperbaiki beberapa hari menjelang pelaksanaan bike Tour de Ijen.
Jadi mungkin dengan adanya perbaikan jalan tsb pengunjung yang berasal dari arah timur (Bali) bisa lebih nyaman menyusuri jalur Banyuwangi.

Sayangnya akses dengan angkutan umum ke Ijen lumayan susah.
Jika ada elf pun, yang berangkat dari terminal Bondowoso, jadwalnya tidak reguler. Hanya beberapa kali sehari dan cuman bisa sampai Sempol.
Dari Sempol ini harus menggunakan angkutan lain, entah ojek atau menumpang truk milik perkebunan PTPN ke arah Paltuding.

Sulitnya akses dengan kendaraan umum ini memang membuka peluang bagi banyak travel agen. Dengan paket tur one day trip, banyak travel agen dari Malang, Banyuwangi, Denpasar/Bali yang menawarkan dengan harga (yang menurut saya) lumayan mahal.

Oke, untuk lebih lengkapnya... monggo boleh dibaca di bLog tentang trip ke Ijen ini. Lengkap dengan foto sebagai teaser... hehe...
http://traveler-tale.blogspot.com/2012/12/journey-through-volcano.html

Kenali negrimu, cintai negrimu.

Salam ransel


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Zhein
Zhein
Zhein Jr.
pd. 13 Juli 2014, 0.02

Hai..., ma'af numpang promo ya gan... :)

Salam bacpacker.
Bagi agan & sista yang berencana liburan keliling banyuwangi atau bali dan berniat untuk menyewa mobil murah dengan pelayanan yang memuaskan, ramah dan penuh keakraban silahkan menghubungi ane di 081331570250/0817596107 atau via email moch_zaenury@yahoo.co.id. Di jamin tarif paling bersahabat dan gak bikin kantong bolong.
:dugem:
Ane tunggu ya gan....!
sewamobilmurahbanyuwangi.blogspot.com

Suka 0

© backpackerindonesia.com