Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

need route & kendaraan umum backpacker ke Labuhan Bajo dari Sumbawa Barat

aalbanana
aalbanana, pada 9 Agu 2013, 0.41
di Tanya & Jawab

salam backpacker gan

rencananya saya pengen backpackeran ke Labuhan Bajo dari sumbawa barat tp saya belum pernah sama sekali kesana jadi mohon pencerahannya mulai dari jalan, kendaraan umum sampe penginapan yang murah di Labuhan bajo serta penyebrangan ke pulau rinca dari labuhan bajo

mohon bantuannya gan, Maturnuwun


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Subkhan Ramadani
Subkhan Ramadani
Subkhan Ramadani Newbie
pd. 18 Agu 2013, 12.09

salam mas bro

2 taun lalu saya mencoba untuk island hopping alias melewati pulau-pulau dari Jawa sampai Flores (melewati Bali , Lombok, Sumbawa). Lebih baik melewati rute jalur utara di pulau Sumbawa untuk akses yang lebih banyak kendaraan.

Dari area Sumbawa Besar, ada bus lokal atau bisa hitchike (nyegat truk dan brenti) untuk menuju ke arah Dompu.
Di Dompu, mas bro bisa berhenti beberapa hari untuk eksplor area sekitar nya seperti ke kaki gunung Tambora atau melaju ke selatan untuk menuju Lakey beach tmpt jujugan surfer kelas international.

Puas dengan area Dompu, lanjut menuju area pelabuhan Sape di ujung timur pulau Sumbawa untuk menyebrang ke Labuan Bajo (4 jam di ferry)

Di labuan bajo, ada opsi yang sangat murah untuk menuju pulau Komodo dan Rinca. Yaitu nebeng perahu nelayan kecil (bukan perahu nelayan yg besar buat turis2) dan cuma bayar 100rb. Kebanyakan nelayan adalah orang turunan Bajo, jadi mereka paham akan kondisi laut. Jika tidak berani mengarungi lautan Flores dengan perahu kecil, lebih baik menunggu cari sharing an perahu nelayan yang lebih besar dengan para turis...

Tiket pulau Rinca dan Komodo pada umum nya bersifat tiket terusan, jadi beli tiket di salah satu pulau, bisa dipakai di pulau berikut nya :)

selamat berlibur mas bro

Suka 0

© backpackerindonesia.com