Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Catper Hongkong - Shenzhen & Hongkong - Macau

cclaricha
cclaricha, pada 8 Jan. 2016, 8.24
di Tanya & Jawab

Untuk liburan tahun baru kemarin ini, sy mendapatkan tiket promo Cathay Pacific ke Hongkong. jadi sy pergi ber5 bersama keluarga. untuk tempat tinggal kebetulan kami ada kenalan yg tinggal & menyewakan kamar di flat nya di daerah Causeway Bay.

Di Hongkong sy hanya sempat ke Disneyland dan The Peak saja, karena memang hanya dua tempat itu yg belum pernah sy datangi (sebelumnya sy sudah pernah ke HK )
Untuk cara pergi ke Disneyland, mereka ada line MTR (subway) khusus dari Station Sunny Bay (Tung Chung Line) yang akan membawa kita langsung menuju Disneyland.

Sy sarankan membeli tiketnya lebih dahulu. Bisa melalui internet atau agent kalau tidak mau antri panjang di loket. Disneyland HK cukup besar dan bagu bagi pecinta Disneyland. Banyak banget yang bisa di foto :) Seharian penuh dibutuhkan kalau mau benar2 mengelilingi. dibuak dari 10 pagi - 9 malam. bisa di cek lebih detail di website mereka.
Jangan lupa ambil peta dan jadwal pertunjukan biar ga ketinggalan parade2 mereka :D

Dari Disneyland sekitar pukul 8, saya lanjut menuju The Peak untuk melihat keindahan pemandangan malam kota Hongkong. Dari stasiun Central (Island Line), keluar dan cari exit J2. dari situ silakan lurus melintasi taman menuju ke arah Back of China. Menyebrang 2 kali . (sebrang lurus, lalu nyebrang lagi ke kanan).. dari situ tinggal jalan lurus menanjak ( ada palang arah untuk ke The Peak ). sekitar 7-10 menit, akan ada penyebrangan lagi dan sampailah di terminal The Peak Tram. Di sini kita bisa antri membeli tiket. Kalau datang dari siang, bisa juga beli tiket paket +Madame Tussauds.

Pas kemarin sy dsna, antrian cukup berantakan dan tidak ada barisan jelas untuk naik tram. Dan mohon hati2 akan barang kalian!! dikarenakan sy sempat hampir dicopet oleh orang tua yg terlihat rapi mengenakan jas dan membawa tas ransel. Dia mencoba merogoh tas ayah saya tapi untungnya ayah sy sadar. Hebatnya lagi, setelah dia gagal merogoh tas ayah sy, dia mencoba merogoh tas turis Jepang yang ada di depan ayah saya! untung sang turis sadar juga. huff.. jadi mohon hati2 ya :) untuk turun ke bawah pun harus menggunakan tram lagi ya. jadi beli tiket returns jangan cuma sekali jalan :D

Hari berikutnya, sy sekeluarga pergi ke Shenzhen. Walau Shenzhen itu kota di China, tapi karena berbatasan langsung dengan Hongkong, turis bisa mendapatkan visa on arrival di perbatasan yang terletak di stasiun Lo Wu ( East Rail Line). Kantor pendaftaran visa terletak di lantai 2. tapi visa itu hanya untuk di kota Shenzhen saja ya. Di Shenzhen sy hanya sempat mengunjungi LouHu Shopping Mall & Window of The World. biasa di Shenzhen ok untuk pinjat :D

keesokan harinya sy menuju Macau dari Hongkong dengan ferry yang bisa kita naiki di stasiun Seung Wan (Island Line). beli tiket yang pulang pergi. beli tiket bisa di travel-travel agent yang tersedia di dekat pintu masuk. untuk waktu naik ferry nya, begitu kita datang baru dapat tiket dan tahu waktu nya. tapi hampir setiap 30 menit sekali. Sy menaikin Cotai Ferry. perjalananan memakan waktu 1 jam. kita boleh membawa makanan & minuman sendiri karena di dalam tidak tersedia. Untuk ke Macau pun butuh passport dan melalui imigrasi.

Hal yang harus diperhatikan di Macau :
1. Mata uang yg bisa dipakai adalah MOP (macau), RMB (cina), HKD (hongkong) yang bisa digunakan secara bersamaan
2. transportasi yg tersedia free shuttle bus yg disediakan oleh hotel (kalau tersedia), public bus dan taxi.
3. Kalau memilih bus umu, pastikan anda punya uang pas karena mereka tidak memberikan kembalian.
4. Nama stasiun bus hanya tertulis dalam bahasa Kanton dan Portugis. Untuk pengumuman di bus, ada beberapa yg menyediakan bahasa inggris.supir bus nya pun tidak bisa bahasa inggris, hanya Kanton.

Wajib banget mencoba egg tart pas di Macau dan menurut sy yg paling enak adalah Lord Stow's Bakery yang bisa ditemukan di Venetian Mall dan beberapa tempat lainnya. Untuk oleh2, disana terkenal dengan jerky (dendeng) tapi hati2 karena kebanyakan tidak halal.

Begitulah catatan perjalanan saya. mungkin kurang lengkap juga sih ya tapi kalau ada penasaran,silahkan ditanyakan. sy akan coba jawab kalau memang bisa :D

Oh! untuk nomor handphone, saya beli di airport di seven eleven seharga HKD88 yang bisa dipakai selama seminggu di HK & Macau dengan data internet unlimited* (hanya 1GB kalau mau untuk hotspot, lewat dari 1GB tdk bisa hotspot. cuma hp itu saja yg bisa jalan internetnya.)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

cclaricha
cclaricha
cclaricha Newbie
pd. 20 Jan. 2016, 10.17

bisa beli dihampir semua convenience store kayak sevel gitu2 kok :) octopus card pun bisa dibeli di subway station harusnya.hehe

Suka 0
chacha11
chacha11
chacha11 Pro.
pd. 18 Jan. 2016, 11.02

hei mo nanya untuk sim card dan octopus card selain beli di airport apa dijual di tempat lain? makasih :)

Suka 0

© backpackerindonesia.com