Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

.:: Sharing About Gunung Semeru ::.

angga6
angga6, pada 16 Feb. 2013, 11.10
di Tanya & Jawab

Halo sis ,bro, dan sesepuh yang jauh pengalamannya dari pada saya.., newbie disini mau berbagi pengalaman saya waktu ke gn. Semeru, dengan puncak yang terkenal, yaitu Mahameru. Itenerary dari saya total perjalanan PP selama 4 hari.. Oke cerita dimulai ...

1. Perjalanan ke Desa Ranupane (Pos Pemberangkatan).
Untuk mencapai desa ranupane berikut pengalaman ngecer ane :
- Ceritanya sudah sampe di terminal Arjosari malang ya.. hehe.. cari angkot yang warna putih dengan jurusan ke desa tumpang, tarifnya Rp.8000,-. Turun di pasar tumpang, merupakan termial terakhir dari angkot tersebut.
- Dari pasar tumpang nyewa truck atau jeep dengan harga Rp. 450.000, - (harga terkahir ane katanya sebelumnya 400rb).Jeep dan truck target total biaya segitu untuk jeep maksimal 15 orang dan jika truck bisa banyak, jadi semakin banyak semakin murah dong, alias Rombongan. Untuk menunggu biasanya jeep parkir di depan alfamart ds. tumpang (depan ps. tumpang). Kalo ane nyaranin mending di belakand pasar ada rumah warga yang bisa buat istirahat.
- Oke naik jeep/truck sampe ke desa Ranupane.

2. Perijinan di desa Ranupane.
a. Persayaratan tiap pendaki dan wajib.. !
- Fotokopi KTP masing2 anggota.
- Surat keterangan sehat dari dokter. (agan periksa ke dokter sebelum berangkat ke malang).
- Tiap pendaki dikenakan tarif Rp.7.500,-
- Tiap team membawa materai senilai Rp. 6.000, - ( 1 team 1 materai).

b. Sedikit tips... :hore:
- Disini akan diberikan form data pendaki dan bawaan. Karena list barang bawaan sangat detail, maka jangan main2 yah dengan syarat ini mengingat berbahaya kalo diindahkan, misal jmlh carier, tenda, P3K, Matras, Sleeping Bag, Jacket, Logistik2, dll.
- Apabila sudah niat untuk mendaki kesana bawalah keperluan mendaki yang sesuai jangan hanya bermodal nekad atau korban film baru2 ini, atau dipulangkan ranger sebelum mendaki (pendakian ditolak), semuanya demi pengalaman sis dan bro.
- Bawa semua peralatan dari rumah sis/bro karena disana tidak menyediakan perlengkapan pendakian atau persewaaan dan semacamnya, Itenary agan kudu jelas y.
- Minimal team terdiri atas 3 atau 4 orang, apabila kurang maka harus gabung dengan team lain.
- Perijinan yang kita bawa jangan dihilangkan, karena untuk laporan saat turun entar. OK OK..!
- Disana juga ada porter atau orang yang kita sewa untuk membawa barang. satu porter bisa membawa 1-2 carier atau barang yang bro/sis males bawanya. Untuk sewa porter : Rp.150.000,- @day

3. Sedikit cerita indah dari Mahameru.. :victory:
a. Desa Ranupane --> Ranukumbolo.
Perjalanan dari desa ranupane ditempuh kira2 selama 4 jam, yang sudah jago mungkin 2-3jam saja, kalo nggak salah jaraknya sekitar 10,5Km. Dengan ketinggian 2600mdpl. Disini spotnya bagus buat foto-foto, pasti agan dan sist tahu tentang ranukumbolo. Disini agan atau sis bisa rehat atau mendirikan tenda untuk menikamti keindahan ranukumbolo dan mencoba spot tanjakan cinta.. :D. Lanjut ya panjang kalo semua diceritakan.. :malu:

b. Ranukumbolo --> Kalimati
Untuk mencapai ke kalimati sekitar 3-4 jam paling cepet 2 jam. Untuk mencapai kalimati agan akan melewati"oro-oro ombo" --> Hutan --> Bukit2 --> "Kalimati". Dsini agan/sis bawa bekal minum sebanyaknya , karena di kalimati minim sumber air. agan bisa ambil dari air ranukumbo. Terdapat sumber air dikalimati apabila dari pos ditempuh kira2 1/2-1 jam perjalanan yaitu di "Sumber mani". Agan-agan bisa mendirikan tenda untuk beristirahat untuk "summit attack mahameru" / pendakian puncak mahameru. Alternatif juga bisa nge-camp di arcopodo. Suhu dikalimati lumayan dingin.

c. Kalimati --> Arcopodo
Kalimati ke arcopodo ditempuh kira-kira 2 jam perjalanan, untuk sampe disana melewati hutan dengan track sekitar 30-50 degree *ya kira2 segitu..heheh. Ketinggian arcopodo 2900mdpl. Disini juga agan/sisit juga bisa dirikan tenda. Tetapi kalo saya prefer di kalimati, mengingat kita masih bisa mencari air.

d. Arcopodo --> Mahameru
Dan disinilah puncak tertinggi di pulau jawa, yaitu mahameru. Dari kalimati sampe puncak sekitar 3-4 jam. Sebenarnya dekat , kalo ane nggak salah < 500meter dari arcopodo dan <200 meter dari batas vegetasi * maaf hanya mengira2.. :D Yang bikin wah disini adalah tracknya yang terdiri atas pasir hitam (seperti pasir bangunan) dan batu2an. Karena pasir, jadi kita melangkah 5 akan maju 3 langkah dan mundur 2 langkah , hehehe *ibarat lebaynya. Jalan pelan-pelan saja dan pasti. Hati2 karena samping kanan dan kiri merupakan jurang dengan tanah gosong (habis dicium wedus gembel tanahnya, hehe...). Untuk summit attack jangan lupa bawa persediaan makan kecil dan air di tas kecil agan/sist. Pakailah sepatu +pelindung sepatu (*decker) , karena pasir dan kerikil bisa masuk ke kaki agan dari pada lecet2 kan , hehee.. Untuk submit attack mulailah dari jam 10 atau jam dimana agan mampu sampai puncak pas matahari terbit. Kalo ane kemaren jam stg 1, hheehe cari aman saja jam 10 dari pada ketinggalan momen. Lagipula disaranin jam 9 pagi harus mulai turun dari puncak, mengingat belerang yang tidak bagus untuk bernapas. Dan sampailah di "Mahameru". Kembalinya ringan kok tinggal seluncur saja... :victory:

Jangan lupa sampai bawah laporan selesai pendakian ke pos pemberangkatan.

Untuk pulang ke malang tarifnya sama seperti saat kita berangkat. Demikian cerita pengalaman ane di "Gn. Semeru", Melebar dan mungkin garing buat agan/sist. Maaf apabila ada kesalahan penulisan/ketikan.. hehehe

Terima Kasih.. Selamat berpetualang..!!


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

kodokngorek
kodokngorek
kodokngorek Newbie
pd. 22 Feb. 2013, 10.43

wahh manstap deh jadi ngilersss :kecewa:

Suka 0
RATNA SARI
RATNA SARI
RATNA SARI Pro.
pd. 22 Feb. 2013, 9.23

pengen.... tp belum pernah sama sekali mendaki :akhirnya:

Suka 0
Deni Budiarto
Deni Budiarto
Deni Budiarto Newbie
pd. 20 Feb. 2013, 17.20

- Apabila sudah niat untuk mendaki kesana bawalah keperluan mendaki yang sesuai jangan hanya bermodal nekad atau korban film baru2 ini, atau dipulangkan ranger sebelum mendaki (pendakian ditolak), semuanya demi pengalaman sis dan bro.

Demen banget kata2 itu..

mohon ijin gan, ane susun pengalaman agan2 semua terus ane print.

Suka 0
byteeater
byteeater
byteeater Hero
pd. 20 Feb. 2013, 8.18

mupeng pengen ke sana, tapi persiapan belom matang, cuti juga belom cukup ==

Suka 0
@Mbolangisme
@Mbolangisme
@Mbolangisme Jr.
pd. 19 Feb. 2013, 17.37

Surabaya,Kediri,Bandung,Jakarta,Bogor. Semua berkumpul dan jadi satu rombongan.
yang dari bogor itu sudah suami istri gan,, bayangin.. betapa bahagianya bisa punya istri diajak ngetrip juga.. Mantebz dah..

12.15 WIB Kita start dari stasiun kota baru gan.
sewa line 75Rb untuk satu rombongan.
14.30 WIB sampai di pasar tumpang,ane muter2 nyari rumah warga yang tempat nyewain truck?jeep (saran dari temen). alhasil muter2 dibelakang pasar akhirnya nyasar kerumah warga tapi dia juga nyewakan truck & jeep juga.. akhirnya kita disuruh istirahat di rumahnya dan di suguhi teh tamu. :)
kita kena biaya 300 untuk satu rombongan,,pakek truck lebih enak,gak desak2an gan,,tapi kalau jeep ampun dah.. apa lagi debunya berterbangan.

kita sampai ranu pani jam 17.15 WIB.
ngurusi perijinan dan istirahat diwaung dekatnya perijinan sambil ngisi BBM padat.
sedikit nakal kita melanjutkan perjalanan untuk jalan ke ranu kumbolo sehabis maghrib. alhasil kita mendirikan tenda di POS 1 jam 20.10 WIB karna cuaca gak bersahabat gan.. :(
07.15 WIB lanjut perjalanan,nyampek pos 3 09.40 WIB cuaca kembali gak bersahabat,,akhirnya kita istirahat di pos 3 yang pondoknya roboh lumayan lama kita istirahat..

15.05 WIB akhirnya nyampek ranukumbolo.suasana hening dan sepi.. hanya rombongan kita yang dateng duluan sore itu. akhirnya kita istirahat di shelter yang sudah ada.

Ranu kumbolo => Kalimati
13.45WIB kita sampai dikalimati.
jam 00.30 kita sudah start untuk menuju puncak.
agak lama sih nyampek jam 08.30 soalnya mbak2nya sudah ngajak balik padahal perjalanan tinggal dikit,, akhirnya dengan rasa kebersamaan kita akhirnya semuanya bisa muncak,, 8 cowok,4 cewek bisa menikmati pemandangan yang telah tersaji diatas.

perjalanan pulangnya kagak usah wes.. ntar malah bosen bacanya terlalu banyak.. heheheehe

#Salam Ransel. :)

Suka 0
hilal8494
hilal8494
hilal8494 Sr.
pd. 18 Feb. 2013, 14.29

[quote=cah wedhok]Mahameru,,, oh mahameru,,, pengen silahturahmi di puncak mahameru lagi....
keren broo..... kalo ke rinjani jangan lupa mampir d tempat ku ya...![/quote]
pas bgt nih mas, saya april mas mau ke rinjani hihihi, habis turun mau rehat di gili...
:victory:

Suka 0
angga6
angga6
angga6 Newbie
pd. 18 Feb. 2013, 12.20

[quote=davrefer]heheheheheheheh pemula Mahameru maksunya mas broo.... Sebelumnya dah pernah menikmati karunia sang pencipta di gunung2 LAwu.. Merapi... Merbau... Selamet.... Rinjani... hehhehehehehhe ayo ke RInjani Broooo kangen ke dewi Anjani lagi hehehhehehehehh KArunia SAng Pencipta Terindah di Gunung Rinjani[/quote]

Wah mantep lan joss..!! :malu:

[quote=Ma Culezz]Pngen bgt muncak Mahameru,
smga trcpai thun ini.
Salam Lestari[/quote]

Amin bro, semoga tercapai.. :hore:

[quote=jenarespati]inspiratif...Hope i'll be there next may or june..[/quote]

Sip bro soalnya sementara masih tutup sampe maret 2013, katanya sih dibersihkan, bakti bersih gunung gitu.. :victory:

[quote=cah wedhok]Mahameru,,, oh mahameru,,, pengen silahturahmi di puncak mahameru lagi....
keren broo..... kalo ke rinjani jangan lupa mampir d tempat ku ya...![/quote]

Sip bro, pengen kesana bro..!! tar kontak ente, hehehe.,. :nyimak:

Suka 0
afriyanti
afriyanti
afriyanti Jr.
pd. 18 Feb. 2013, 10.56

Mahameru,,, oh mahameru,,, pengen silahturahmi di puncak mahameru lagi....
keren broo..... kalo ke rinjani jangan lupa mampir d tempat ku ya...!

Suka 0
jenarespati
jenarespati
jenarespati Sr.
pd. 17 Feb. 2013, 18.19

inspiratif...Hope i'll be there next may or june..

Suka 0
Ma Culezz
Ma Culezz
Ma Culezz Newbie
pd. 17 Feb. 2013, 5.44

Pngen bgt muncak Mahameru,
smga trcpai thun ini.
Salam Lestari

Suka 0

© backpackerindonesia.com