Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

5 Manfaat Vaksin Tifoid Buat Kamu yang Doyan Travelling

Iqbalf06
Iqbalf06, pada 20 Jan. 2022, 11.31
di Blog

Start: 21 Jan. 2022, 11.30

Vaksin tifoid itu sangat penting sebelum pergi liburan. Manfaat utama vaksin tifoid adalah mencegah tipes sepulang dari travelling. Penyakit tifoid atau tipes ini disebakan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi yang kerap ditemukan di tempat wisata, khususnya tempat wisata yang memiliki sanitasi yang kurang baik.

Penyakit tipes paling sering dijumpai pada negara Asia Tenggara, terutama Pakistan, India, dan Bangladesh. Sebanyak 21 juta kasus dengan 200.000 kematian akibat tifoid terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya. Tingkat penyakit ini masih tinggi pada negara-negara yang memiliki tingkat sanitasi rendah.

Penularan bakteri tifoid ini terjadi secara fecal – oral, yaitu kotoran dari seseorang yang terinfeksi dapat menularkan ke orang lain apabila masuk melalui mulut contohnya dari makanan yang tidak bersih. Selain itu, akses air bersih juga penting karena apabila air yang terkontaminasi diminum, infeksi tifoid juga dapat terjadi.

Apa Gejala Tifoid atau Tipes?
Infeksi dari bakteri tifoid yang masuk dari mulut mengikuti jalur saluran cerna tubuh. Tubuh memiliki sistem pertahanan berupa asam lambung dan sistem imun untuk melawan bakteri ini. Namun sistem pertahanan ini tidak selalu dapat menghindari infeksi. Saat sampai di usus, bakteri tifoid menginfeksi usus dan menyebabkan radang sehingga timbul tanda dan gejala yaitu:

Demam
Nyeri perut
Diare atau konstipasi
Nyeri kepala
Lemas
Tidak nafsu makan
Pengobatan untuk penyakit tifoid adalah dengan pemberian antibiotik dan obat lain untuk meringankan tanda dan gejala. Perlu diingat bahwa pemberian antibiotik harus dengan anjuran dan instruksi dokter. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan resistensi bakteri tifoid terhadap antibiotik yang membuat antibiotik-antibiotik tersebut tidak berguna.

Selain penanganan harus dilakukan dengan benar, penanganan tipes atau tifoid ini juga harus segera dilakukan. Mengapa? Karena tifoid juga dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani, dan apabila tidak ditangani dengan benar.

Manfaat Vaksin Tifoid Bagi Wisatawan
Penyakit tifoid merupakan sebuah penyakit yang sering ditemukan, namun perlu pengobatan untuk mencegah agar tidak menyebabkan infeksi yang berat. Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk mencegah terinfeksi oleh bakteri tifoid. Namun perlu diingat bahwa vaksinasi tidak dapat 100% menghindari infeksi tifoid. Sahabat Sehat juga tetap perlu menjaga kebersihan diri dan makanan yang dikonsumsi.

Adapun beberapa manfaat vaksin tifoid antara lain adalah:

Mencegah Risiko Infeksi Tipes
Walaupun tubuh memiliki sistem pertahanan terhadap infeksi bakteri dan virus, namun risiko infeksi tetap dapat terjadi. Terutama saat imunitas tubuh sedang menurun. Tubuh yang sudah menerima vaksinasi tifoid akan lebih siap terhadap infeksi dari bakteri penyebab tipes sehingga mencegah risiko terkena infeksi tipes.

Gejala Tipes Jadi Lebih Ringan
Kebanyakan penderita tipes yang tidak divaksin akan membutuhkan perawatan di rumah sakit. Seseorang yang sudah divaksin tifoid masih mungkin terkena infeksi tipes. Namun infeksi tipes pada orang yang sudah divaksin tifoid akan menunjukkan gejala yang lebih ringan sehingga kebanyakan dapat beristirahat di rumah saja.

Lebih Cepat Sembuh Jika Terkena Tipes
Selain gejala yang lebih ringan, penderita tipes yang sebelumnya sudah divaksin akan lebih cepat sembuh. Hal ini terjadi karena tubuh sudah siap dan sudah tahu bagaimana cara mengatasi infeksi tipes sesegera mungkin.

Menekan Penyebaran Tipes
Seseorang yang belum divaksin dan kemudian pergi travelling ke daerah yang menjadi endemik bakteri Salmonella berisiko menyebarkan bakteri tersebut kepada keluarga di rumah sepulang berlibur. Namun risiko penyebaran ini dapat ditekan jika wisatawan sudah divaksin, dan akan semakin baik jika keluarga di rumah juga turut sudah divaksin tifoid.

Tetap Sehat Sepulang Liburan
Tujuan berlibur tentu agar mendapatkan energi baru sebelum kembali memulai kerja atau sebelum kembali sekolah/kampus. Namun banyak kejadian dimana setelah pulang berlibur justru harus istirahat total karena jatuh sakit terkena tipes. Setelah sembuhpun tentunya akan membuat energi yang didapat dari berlibur hilang begitu saja.

Oleh sebab itu, vaksin tifoid sangat penting agar setelah pulang liburan tubuh tetap sehat dan bisa segera kembali memulai aktivitas sehari-hari dengan baik. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga merekomendasikan untuk melakukan vaksinasi tifoid bagi Sahabat Sehat yang ingin bepergian ke daerah seperti Pakistan, India, dan Bangladesh.

Vaksin untuk tifoid sudah tersedia bagi anak maupun dewasa. Saat ini terdapat beberapa tipe vaksin tifoid yaitu:

Typhoid conjugate vaccine (TCV)
Jenis vaksin tifoid yang diberikan untuk usia 6 bulan hingga 45 tahun
Vaksin ini diberikan dalam bentuk injeksi

Unconjugated polysaccharide vaccine (Vi-PS)
Diberikan bagi mereka yang berusia diatas 2 tahun
Vaksin ini juga diberikan dalam bentuk injeksi

Oral live attenuated Ty21a
Hanya diberikan kepada mereka yang berusia diatas 6 tahun
Vaksin ini diberikan dalam bentuk kapsul

Sumber: https://www.prosehat.com/artikel/vaksin…


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com