Trip to Kediri : Phusarang

Wilda Maria Noviyanty
Wilda Maria Noviyanty, pada 6 Sep. 2013, 5.29
di Tanya & Jawab

perjlanan ke phusarang ini luar biasa deh..
pengalaman pertama juga nih backpacker'an..

waktu itu trip kediri ini muncul atas ide gila teman2ku yg tiba2 banget..
awalnya ya gk nyangka bakal kewujud..
karena kita bertiga benar2 baru untuk trip ini..

keberangkatan dari jogja dengan KA sri tanjung (lau gk slh) ekonomi..
menempuh perjlanan sekitar 6-7jm dn itu juga pnglaman pertma aku naik KA ekonomi, awalny aku pikir bkal sumpek dan gk nyaman,, tapi ternyta nyaman banget.. sekarang lebih tertib ternyta,, hahaha
tapi waktu diperjalanan sempat ad kjadian yg cukup menegangkan,, karena ad praturan baru bhwa pdgang asongan gk bleh naik KA lagi, jadi ad bentrok antra polisi dn pada pdagang asongan.. sempat menegang dn berhenti lama di sebuah stasiun kecil.. tapi itu mlah jd pngalaman bru yg menegangkn buat kami..
ada juga cerita seru sepasang kekasih yg duduknya pas d depan kami.. mereka itu trnyta pemburu kuliner sejati.. dn mereka jauh2 ke madiun hanya untuk nyicipin kuliner disana.. hebatt.. dan disetiap pemberhentian (karena KA ekonomi paling sering berhenti) mereka selalu nyicip mkanan khasnya!! ckckckc... keren deh :)

diseberang tempat duduk kita ad segerombol pemuda yg katanya mau kerja di Bali.. widihh asik banget mereka itu.. dan hebatny mereka trip dr bandung ke banyuwangi.. waww abis brapa jam d jalan tuh?? ngeri...
banyak hal menarik trnyta di perjlanan yg gk bkal bsa dlupain..

nah sampai di kertosono, kita langsng tanya warga sekitar dan di sarankan cari angkutan ke terminal kediri sebelum lanjut ke phusarang,, akhirnya kita naik becak motor dr kertosono ke jalanan trus naik bus antar kota ke terminal kediri. untuk becak motor itu kita byar 10k, dan yg naik tuh becak tiga org,, keliling kota pula.. haha parah bgt deh tampang kita..
klau busnya sekitar 4k/@. sebenarnya sih bisa aj kita lngsng ke kediri tanpa hrs berhenti di kertosono, tpi karena kesalahan beli KA ya mau gk mau2 lanjut dgn bus..

setelah sampai di terminal kediri, kita harus naik ojek lagi utk sampai ke phusarang,, dan akhrny kita dpt ojek motor 10k/mtr, sempat tukeran no hp sama bpk tkang ojek, buat jaga2 besok klau mau plg dr phusarangnya..
ternyta orang2 kediri itu baik2 dn ramah2 ya, gila.. gak kebayang deh awalnya, gimana aku udah ngeri duluan sama org2 d daratan jawa timur (hehehehehe), warganya ternyta sangat ramah, jujur dan suka menolong :)

nah setelah perjalanan yg melelahkn dr pagi sampai sore, akhirnya ak dn teman2 sampai juga d phusarang, dan kita segera mencari kehidupan (mandi, ganti pakaian dn makan). Kita sengaja gak nyari penginapan atau home stay atau apalah nmnya itu, kita niat bgt buat tdur di alam, di bwah bintang dan ditemani suara malam (hemmm..) oia, sebelum kita masuk ke wisata rohani phusarang, kita sempat ninggalin identitas d pos penjagaan dan sekedar kulo nuwun gitu, biar gak dikira pengunjung gelap..
nah.. malamnya kita benar2 ngewujutin impian kita.. tidur di alam, kita bener2 gak bawa peralatan tenda atau apapun itu, bermodalkan bangku taman yg ada, jacket tebal, kaos kaki dn slayer, kita berhasil hidup malam itu.. wah gak kebayang deh dinginnya malamm disana, karena daerah phusarang juga termasuk dataran tinggi dengan suhu yg lumayan buat merinding terus sepanjang malam.. tapi disitulah nikmatnya perjalanan kami.. luar biasa deh..

besoknya, pagi2 kita udah mandi dn nyari sarapan di sekitar sana, rencananya mau ke air terjun terdekat tpi kita milih untuk lngsng balik ke kertonoso, biar nnt gak buru2 brngkatnya,, dri phusarang kita lanjut ke terminal dengan ojek lagi,, sampai diterminal kita lagi apesnya nih, karena ad tmn yg gk kuat naik bus ac, trpaksa nyari angkot antr kota, itupun masih transit, kita naik jurusan pare, terus lanjut lagi jurusan kertosono, untungny sih supir angkot yg ngebawa kita ngasi operan langsung ke temannya dan kita selamat sampai tujuan deh, sampai ke stasiun kertosono lagi,, walau perjalanan jauh lebih lama (angkotnya lama banget jalannya, mana yg nyupir tua banget) buat gak tega aja,, untuk biaya sih turun naik angkot gtu malah jauh lbh mahal 14k/@ deh kita nambahnya..
sampai di stasiun kertosono, kita sempat nyari makan siang dulu sekalian ngobrol sama warga sekitar.. lagi2 kita dapatkan banyak org ramah dn suka menolong :) langsung deh jatuh cinta sama kota ini :)

dan akhirnya, perjalanan kembali ke jogja, kita mulai..
kali ini kita barengan backpacker dr jogja juga,, mereka habis dr bali.. yg ceritanya lagi bolos kuliah gtu buat jln2 ke bali.. anaknya asik2 lah,, ad yg asal surabaya, wonosobo dn jogja jga.. lumayan deh, perjalanan balik ke jogja bareng anak2 yg asik.. kali ini aku bisa nikmatin indahnya alam dari dalam kereta, kebetulan berangkat siang, otomatis senja juga terlewatnkan dengan indahnya. Matahari senja di perjalanan buat aku betah banget nimatinnya, benar2 mensyukuri apa yang sudah Tuhan beri dn menikati karya-Nya :)
keren abis pemandangan matahari senja, hamparan sawah, hutan dan kota.. apalagi waktu malamnya,, nikmatin keindahan lampu kota deh.. dan akhirnya harus kembali ke jogja.. perjalanpun selesai dengan sempurna :D
saatnya mengucapkan salam perpisahan dengan teman seperjalanan lainnya
salam ransel :)

Wilda Maria Noviyanty
Wilda Maria Noviyanty Jr.
pd. 10 Sep. 2013, 12.07

pastinya masih keren kok gan :)
monggo balik ksana lagi...

Kokok88
Kokok88 Newbie
pd. 6 Sep. 2013, 22.57

Keren gan tempatnya.....
ane pernah kesana waktu SMA....