Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Panorama Indah Wisata Sawah Huntu Selatan Agrowisawa Berbasis Sawah

hasanah_syakim
hasanah_syakim, pada 24 Jan. 2022, 16.50
di Blog

Start: 14 Jan. 2022, 8.49

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan memiliki lahan pertanian yang begitu luas tak heran, jika sebagaian masyarakatnya menjadikan sektor pertanian seperti sawah kera dijadikan sebagai tempat wisata yang asyik. Objek wisata sawah hadir sebagai alternatife pilihan wisata bagi mereka yang sudah bosan dengan wisata pantai dan pegunungan, wisata sawah menjadi idaman buruan para wisatawan.

Wisata Sawah Huntu Selatan menjadi salah satu objek wisata yang menyuguhkan pemandangan dengan hamparan pesawahan terbentang luas, sebuah objek wisata yang berlokasi di Desa Huntu Selatan, Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Tak jauh dari Pusat Kota Gorontalo wisata ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar delapan kilometer atau 20 menit waktu perjalanan yang ditempuh.

Destinasi Wisata Sawah Huntu Selatan terbentuk karena sebuah momen yang dilakukan Kepala Desa Huntu Selatan, di mana dirinya berkesempatan untuk melakukan studi banding ke sebuah desa di Pulau Jawa. Beragam masukan dari para tokoh masyarakat dan pemerintah setempat untuk membuat wisata yang belum pernah ada di Bone Bolango, pada akhirnya terciptalah ekowisata berbasis sawah.

Pertanian menjadi sektor unggulan yang ada di Desa Huntu Selatan sehingga ini menjadi hal yang menarik hingga terbentunya Wisata Sawah Huntu Selatan karena konsep ekowisata, diresmikan mulai20 Sepetember 2020 oleh Bupati Bone Bolango serta dikembangkan Pemerintah Desa dengan bekal dana desa hingga menjadi wisata viral di masa pandemi covid-19.

Dengan hadirnya tempat wisata ini masyarakat terutama petani turut menjadi terbantu dari segi ekonomi, karena mendapat keuntungan dari kontrak pinjam pakai dengan pengelola wisata. Selain karena lahan mereka dijadikan sebagai objek wisata, Kendati terbilang sederhana dengan konsep wisata andalan desa ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Huntu Selatan karena para petani tetap bisa menggarap sawah-sawahnya.

Wisata Sawah dibangun dengan ide utamanya sebuah koridor sepanjang kurang lebih 250 meter, sehingga para wisatawan bisa menyusuri beberapa petak sawah melalui koridor tersebut. Selain itu, terdapat pula beberapa gazebo atau saung yang dibangun sebagai tempat untuk santai bersama teman, keluarga dan pasangan.

Terdapat pula warung-warung yang menjajakan beragam kuliner yang siap untuk disantap, oleh para wisatawan selama menikmati persawahan indan di Gorontalo ini. Tak hanya itu, bagi para wisatawan yang gemar berswafoto akan dimanjakan dengan suasana serta pemandangan sawah yang hijau dan menyegarkan mata.

Tersedia juga berbagai spot foto instagramable yang sengaja dibangun oleh pengelola untuk para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini, untuk bisa memasuki kawasan destinasi ini Sahabat Langit7 cukup membeli tiket masuk dengan biaya sekitar Rp 5 ribu per orang. Objek wisata ini dibuka mulai pukul 06.00 WITA sampai pukul 21.00 WITA, para wisatawan bisa menikmati beragam momen menarik dengan
suasana dan sensasi alam yang berbeda.

Saat berkunjung di pagi hari Sahabat Langit7 bisa menikmati suasana sawah dengan udara yang segar, juga sembari menyaksikan matahari terbit dari timur Bone Bolango dilengkapi dengan keindahan pegunungan. Sahabat Langit7 juga menikmati atau berburu foto dengan latar belakang sunset dengan latar sawah hijau nan segar, bisa mendatangi tempat ini di waktu sore hari.

Sahabat Langit7 bisa menghindari waktu siang hari ini akan menyiksa karena kondisi sawah yang begitu panas, malam hari menjadi waktu yang tepat karena Sahabat Langit7 akan menikmati indahnya koridor wisata, dihiasi kelap kelip lampu yang menjadikan tempat ini terlihat lebih keren. Tak cukup waktu satu hari Sahabat Langit7 bisa menikmati keindahan Gorontalo dari atas bukit di Bukit Arang Lonuo atau Puncak peyapa yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bogani Wartabone.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com